UMI Makassar – Sebagai langkah awal persiapan sertifikasi ISO 9001 – 2008 yang direncanakan oleh manajemen Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada tahun 2016, maka selama dua hari, Kamis-Jumat (22-23/10/2015), dilaksanakan pelatihan Certified Quality Management Representative (Wakil Manajemen Mutu) berdasarkan ISO 9001-2008 yang diselenggarakan Solusi Maxi Consulting and Training di Hotel Santika, Nusa Dua, Bali.

Lima dosen FTI UMI yang mengikuti pelatihan ini adalah Dekan FTI UMI Zakir Sabara HW, Wakil Dekan I Andi Pawennari, dosen Teknik Industri Nadzirah Ekasari, dosen Teknik Kimia Mustafiah dan dosen Teknik Pertambangan Nurliah Jafar.

Masing-masing jurusan yang dibina oleh FTI UMI mengirimkan perwakilan dosen dalam rangka pelaksanaan sertifikasi ISO di FTI UMI tahun 2016.

Tujuan pelaksanaan pelatihan adalah agar dosen bisa mendapatkan pemahaman yang memadai terkait dengan pentingnya standar mutu dan jaminan mutu bagi proses akademik di FTI UMI. Mampu merencanakan langkah-langkah implementasi, pengembangan sistem dan strategi peningkatan mutu yang berkesinambungan berdasarkan persyaratan Sistim Manajemen Mutu-ISO 9001. Mampu mengidentifikasi sumber daya dan kemampuan yang dibutuhkan dalam rangka untuk implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001.

Selain itu, peserta memahami step by step implementasi ISO 9001 dan strategi untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001, dimulai dari interpretasi dan dokumentasi, memverifikasi apakah sistem manajemen mutu telah dilaksanakan oleh semua lapisan organisasi sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan dan mengevaluasi keefektifan dari sistem menejemen mutu dalam rangka memenuhi persyaratan dan pencapaian target manajemen yang pada akhirnya diharapkan FTI UMI pada tahun 2016 sudah bisa tersertifikasi ISO 9001-2008.

(FTI_Humas UMI)

error: Content is protected !!