UMI Makassar – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggelar Pelatihan Metode dan Media Pembelajaran bagi dosen tetap UMI, dibuka oleh Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, didampingi Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH  di aula LP2S gedung Menara UMI lantai 3, Senin 14 Maret 2016.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA sebelum membuka acara tersebut mengatakan, dengan berkembangnya media informasi saat ini, berimbas pula pada perkembangan media pembelajaran, seorang dosen harus lebih kreatif, inovatif dalam proses belajar mengajar di kelas. Sebelum mengajar dosen harus mempersiapkan bekal dengan baik, karena bisa saja mahasiswa lebih mengetahui dan lebih banyak memperoleh informasi dari berbagai media dibanding dosen. Karena banyak informasi yang diketahui dan difahami oleh mahasiswa bukan diperoleh dari interaksi antara dosen dan mahasiswa di kampus tetapi diperoleh sendiri melalui media informasi seperti internet.

Untuk itu, melalui pelatihan ini dosen UMI diharapkan dapat mengikuti perkembangan metode dan sistem pembelajaran yang berbasis media informasi, sehingga tidak tertinggal dan dapat mengikuti perkembangan zaman.

“Bersyukurlah karena berbagai bekal terus diberikan kepada dosen UMI guna menunjang proses belajar mengajar di kelas, pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman tentang metode dan media pembelajaran yang terus berkembang, sesuai perkembangan teknologi informasi,” ungkapnya.

Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH mengatakan, pelatihan ini diikuti 38 orang dosen tetap UMI, bertujuan untuk menambah wawasan dan informasi baru, karena sebagai dosen harus melaksanakan tugas dengan metode pembelajaran yang baik, guna membangun interaksi dengan peserta didik.

Media informasi berkembang sangat cepat, dulu dosen mengajar dengan mendikte dan diformulasi dengan penjelasan. Sekarang perkembangan teknologi media pembelajaran sangat berkembang. Untuk itu mari kita sikapii perkembangan teknologi media pembelajaran, dengan mengikuti perkembangan teknologi.

“Pelatihan ini dapat dijadikan wadah saling bertukar informasi, saling berdiskusi dengan pemateri, karena masing-masing fakultas memiliki karakteristik tersendiri, ilmu sosial itu tidak sama dengan eksaktra, dan memiliki karakter dalam proses  motode dan media pembejaran,” ujarnya.

Materi yang disajikan selama pelatihan, antara lain Peningkatan Kempotensi Pedagogis Dosen dalam Menunjang Keberhasilan Tridhama Perguruan Tinggi oleh Prod. Dr. H. Syahnur Said, MSi, Pembelajaran Insfiratif, Interaktif dan Menyenagkan oleh Dr. Andi Bunyamin, M. Pd, Pengembangan dan Pemanfaatan Mid Map dalam Pembelajaran oleh dr. Abdul Saman, M. Pd, Multi Media Interaktif dalam Pembelajaran oleh Dr. Abdul Haklim, MSi.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!