UMI Makassar – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI Makassar menggelar  pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) angkatan VIII, diikuti 35 dosen tetap UMI, di ruang rapat LP2S lantai 3 Menara UMI, Senin 2 November 2015.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dalam sambutannya sebelum membuka Pelatihan Pekerti mengatakan, pelatihan ini wajib diikuti oleh dosen UMI, khususnya dosen muda yang belum mengikuti akta V, karena berbagai materi dan keterampilan yang diperoleh di pelatihan ini dapat mendukung tugas dosen dalam proses belajar mengajar.

pekerti

“Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta kiranya dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan mengikuti seluruh materi yang disajikan, karena panitia akan mengevalusi, jika ada peserta yang belum bersyarat untuk lulus, harus mengulang pada pelatihan pekerti berikutnya. Panitia harus tegas dan memberi sanksi, karena sanksi itu merupakan pembelajaran untuk memperbaiki diri,” tegasnya.

Dikatakan pula, apa yang diperolah selama pelatihan ini dapat menjadi bekal dalam melaksanakan tugas sebagai dosen, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan benar, dengan harapan kelak dapat menjadi dosen yang profesional.

Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH mengatakan, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi UMI karena pelatihan ini bisa dilaksanakan sendiri oleh UMI, biasanya pelatihan Pekerti seperti ini dilaksanakan oleh Kopertis, dan pematerinya semua dari UMI yaitu unsur pimpinan dan dosen senior di UMI.

“Seluruh tahapan dalam pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta, pelatihan Pekerti ini berjenjang, setelah lulus di pelatihan Pekerti akan dilanjutkan dengan pelatihan Pekerti AA, kemudian pelatihan Pembelajaran Aktif. Pelatihan tersebut wajib diikuti oleh dosen, karena profesi dosen sekarang harus dilakukan secara professional, bukan lagi pekerjaan sambilan. Jadi seorang dosen harus dapat mengatur waktu dengan baik,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, Dikti dalam memonitoring dosen sangat ketat, banyak persyaratan yang dibutuhkan dan pelaporan dilakukan secara berkalan dengan sistem komputerisasi. Satu syarat saja tidak terpenuhi maka akan menghambat proses kenaikan golongan dan sertfikasi. Untuk itu pelatihan ini merupakan kesempatan memperoleh keterampilan bagi dosen untuk lebih professional.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 4 hari, akan menerima materi antara lain ; Pembelajaran Orang Dewasa oleh Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi oleh Prof. Dr. H. Syahnur Said, MSi, Analisis Pembelajaran, Perilaku dan Karakter Awal Mahasiswa oleh Prof. Dr. H. Ahmad Gani, SE, MSi dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar oleh Dr. Andi Bunyamin, M.Pd.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!