UMI Makassar – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI menggelar Workshop Penulisan Bahan Ajar Bagi Dosen UMI, diikuti 40 dosen tetap UMI utusan masing-masing fakultas dalam lingkup UMI, dan dibuka oleh Wakil Rektor III UMI Prof. Dr. H. Achmad Gani, SE, MSi, di Aula LP2S lantai 3 Menara UMI, Jumat 22 Januari 2016.

Wakil Rektor III UMI Prof. Dr. H. Achmad Gani, SE, MSi mengatakan, setiap dosen wajib punya buku ajar, sehingga workshop ini dapat memotivasi para dosen memiliki kemampuan untuk menulis dan menyusun buku ajar, guna meningkatkan mutu dan profesionalisme dalam proses belajar mengajar.

b.ajar1

“Buku ajar sangat penting bagi dosen karena memuat materi perkuliahan yang tersusun secara sistimatis, dan digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan,” ungkapnya.

Dikatakan pula, para peserta kiranya dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga apa yang diperolah dapat diimplementasikan, sehingga termotivasi untuk membuat buku ajar, karena akan berdampak positif pada diri sendiri dosen dan institusi UMI.

Penulisan dan penyusunan buku ajar yang baik dan benar akan memberi manfaat yang besar dalam mentranfer ilmu kepada para mahasiswa, dan proses belajar mengajar semakin profesional.

LP2S UMI harus memonitor dan mengevaluasi dosen yang telah mengikuti workshop penulisan bahan ajar, bagaimana implementasinya, jangan hanya mengikuti pelatihan tapi tidak ada buku ajar yang dihasilkan.

Sekretaris LP2S UMI Prof. Dr. Mursalim Umar Gani, SE, MSi, workshop penulisan bahan ajar ini merupakan program kerja LP2S UMI di awal tahui 2016 ini, akan dilakukan secara kontinyu, sehingga semua dosen UMI dapat mengikutinya secara bertahap.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi dosen UMI senantiasa terus membaca, menulis, meneliti dan memperkaya wawasan ilmiah, meningkatkan publikasi ilmiah, serta membuat buku ajar sebagai sarana belajar bagi mahasiswa.

“LP2S UMI akan terus menata diri untuk bisa naik kelas, dari jenjang utama menjadi mandiri mandiri, untuk itu diharapkan partisipasi dosen untuk meningkatkan penelitian, penulisan dan publikasi ilmiah,” tambahnya.

Pelatihan ini akan berlangsung sampai hari Minggu, semua narasumber dari luar UMI, yaitu Dr. Trini Prastati, Dr. Adi Suryanto dan Dra. Asmara Iriani Tarigan, semua berasal dari Universitas Terbuka Jakarta. Materi yang diberikan antara lain, Bahan Ajar dalam Pembelajaran, Analisis Tujuan Pembelajaran, Menyusun Rancangan Bahan /Buku Ajar, Menyusun Outline Bahan/Buku Ajar Tertulis dan Menyusun Ruang Lingkup Mata Kuliah. Di akhir workshop akan dilakukan pelatihan, dan asesmen kepada semua peserta pelatihan.

(Humas UMI)