Juni 6, 2017 278 Views

Dosen UMI Isi Ramadhan dengan Pengabdian pada Masyarakat

UMI Makassar – Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu tugas pokok dosen selain melaksanakan pengajaran dan penelitian, mengacu hal tersebut pada bulan ramadhan penuh berkah ini beberapa dosen UMI juga melaksanakan berbagai program.pengabdian pada masyarakat diantaranya Dr. Hj.Nurjannah abna, M.Pd bersama Drs HM Nawawi MA, Dr Ir Netty Said MP, di desa Borikamase kec.Maros kab. Maros.

Bulan ramadhan ini kami betul-betul maksimalkan program pendampingan masyarakat, selain memberikan skill untuk peningkatan ekonomi keluarga juga program religi tuntas baca tulis Al Quran dan memberikan taushiyah secara bergantian.

 Nurjannah Abna menjelaskan bahwa program IbM majelis taklim tahun 2017 selain memberikan pelatihan pembuatan ikan bandeng presto juga ketiga dosen tersebut melaksanakan program penuntasan baca tulis Al Quran sehingga diharapkan pengurus dan anggota lebih memahami dan meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Al Quran dengan benar dan fasih sesuai makhraj.

“Alhamdulillah respon masyarakat luar biasa, peserta 40 orang disiplin hadir mengikuti pengajian yang dibagi dua yang sudah bisa membaca dan yang belum kegiatan ini dilaksanakan hingga shalat dhuhur berjamaah setelah itu setiap pertemuan secara bergantian ketiga dosen UMI tersebut memberikan taushiyah 10 menit di depan majelis taklim di masjid di desa Borikamase,” jelasnnya.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua kali dalam sepekan dan minggu ketiga bulan ramadhan akan diperlombakan antar maj taklim utusan per dusun di desa Borikamase yaitu lomba tadarrus, lomba hafal juz 30 dan lomba shalawat dan asmaul husna. Hal ini juga lebih memacu motivasi masyarakat untuk belajar baca tulis al quran dan mencintai al quran.

Nurjannah ini menambahkan program pengabdian pada masyarakat merupakan kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan ilmu, pemikiran demi kemajuan masyarakat.

“Alhamdulillah untuk tahun ini kami melaksanakan program IbM majelis taklim dengan memberikan pelatihan ikan bandeng presto yang bertujuan memberikan pelatihan pembuatan ikan bandeng presto untuk usaha pribadi dan kelompok sehingga akhirnya terbentuk kelompok usaha majelis taklim yang mandiri secara ekonomi,” tambahnya.

Sementara itu, Aswin kepala desa Borikamase memberikan apresiasi dan terima kasih atas program ini karena membantu program pemerintah desa dalam peningkatkan kualitas hidup masyarakat terkhusus dengan.program baca tulis al quran san taushiyah pada bulan ramadhan ini kehadiran dosen UMI, memberikan banyak kemanfaatan.

“Karena itu, kami berharap program ini dapat ditindak lanjuti hingga tahun depan melihat apa yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kami,” ujarnya.

(Humas UMI)

Previous Analisis Struktur dalam Formulasi Matriks
Next Info Penerimaan Maba UMI T.A. 2017/2018

You might also like

LPDKI UMI Beri Pendidikan Karakter Siswa SMKN 1 Parepare

UMI Makassar – Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI melaksanakan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Parepare (15/9). Hadir Wakil Kepala SMKN 1 Bidang Kesiswaan Drs.Sukri,

Utusan UMI Ikuti 13 Lomba dalam MTQ Nasional antar Mahasiswa

UMI Makassar – Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN)  ke 14 tahun 2015 dibuka Sekjen Kemenristek Dikti Prof.  Ainun Naim,  PhD, di Balairung Kampus Universitas Indonesia (UI)  Depok, ditandai dengan

Alumni UMI Dibekali Sertifikat Ahli K3

UMI Makassar – Rektor UMI, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA didampingi Ketua Lembaga Ketenagakerjaan Nasional Indonesia (LKNI) UMI, Hasanuddin Damis, SE, MM,. Ph.D buka  Pelatihan Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan