meetingnov

English Meeting pimpinan UMI kali ini di Kampus 2 UMI Jl.Kakatua No.27 Makassar membahas perbedaan penggunaan How many dan how much yang dibawakan oleh Salmia Syarifuddin,SS.,M.Pd. Hadir Wakil Rektor V UMI Dr.H.M.Arfah Shiddiq,MA, Dekan Fakultas Perikanan Prof.Dr.Hatta Fattah,MS, Kepala Biro Administrasi Umum Drs.Abd.Hamid Sulaiman, Kepala Urusan Internasional dan Humas Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA dan sejumlah dosen UMI.

Salmia Syarifuddin yang juga dosen Bahasa Inggeris UMI ini menyatakan penggunaan how much dapat digunakan pada kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun), seperti uang (money), air (water), dan seterusnya. Sedangkan how many digunakan pada kata benda yang dapat dihitung (countable noun), seperti buah apel, pisang, dan lain-lain. Karena contoh-contoh kalimat yang diberikan presenter sebagian besar menggunakan kata buah dan makanan, maka diskusi berkembang soal makanan dan minuman sehat. Prof. Dr.Hatta Fattah menyoroti bagaimana menjaga diri dari makanan cepat saji (fast food), jika ini dikonsumsi setiap hari akan berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh sesuai dengan empat sehat lima sempurna, katanya.

Menurut Kepala Urusan Internasional dan Humas UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA presenter pada English meeting ini berbeda setiap minggunya berdasarkan latar belakang dan disiplin ilmu yang digeluti oleh dosen yang bersangkutan, namun semuanya disajikan dengan menggunakan Bahasa Inggeris, kemudian para peserta menanggapinya dengan menggunakan Bahasa Inggeris pula. Dikatakan Program UMI English Meeting sebagai salah satu wadah bagi pimpinan UMI meningkatkan kemampuan berbahasa Inggeris mereka demi mensukseskan salah satu Visi UMI menuju World Class University.

(Humas UMI)