UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (KUIS) Malaysia, menjalin kerjasama dalam bidang tukar menukar dosen dan mahasiswa, melakukan penelitian bersama dan publikasi bersama. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam MoU yang ditandatangani Wakil Rektor IV UMI Bidang Dakwah dan Kampus Islami Drs. K. H. M. Zain Irwanto, MA dan Deputy Rector Academic & Research Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (KUIS) Malaysia Dr. Mohammad Syukri bin Abdul Rahman, Sabtu 28 Mei 2016 di Hotel Aryaduta Makassar.

Wakil Rektor IV UMI Drs. K. H. M. Zain Irwanto, MA mengatakan, kerjasama ini kiranya dapat ditindaklanjuti dengan implementasi dilapangan, sehingga dapat terjalin pengembangan ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu yang dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak yaitu UMI dan KUIS.

kolej agama1

Kedua belah pihak dapat memanfaatkan peluang-peluang untuk pengembangan ilmu pengetahuan melalui pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama dan publikasi jurnal ilmiah, sehingga khasanah ilmu pengetahuan dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Deputy Rector Academic & Research KUIS Malaysia mengatakan, memilih UMI Makassar untuk menjalin kerjasama karena UMI memiliki banyak pengalaman dalam mengelola pendidikan sudah lebih 60 tahun, yang lebih menarik karena UMI universitas swasta yang berkembang di bawah yayasan wakaf, kami perlu belajar dari segi manajemen pengelolaan, pengembangan ilmu dan pembangunan kampus.

“Kami berharap dalam waktu singkat ini kerjasama UMI dengan KUIS dapat diimplementasikan dengan melakukan seminar dan publikasi, sehingga manfaat kerjasama ini dapat dirasakan kedua belah pihak,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan Fak. Agama Islam UMI Drs. H. Hasibuddin, SS, MA menambahkan, kerjasama ini sebagai upaya kedua universitas dalam meningkatkan mutu dan kualitas dosen dan mahasiswa demi persaingan ke depan, disamping kitu kedua universitas dapat bersineragi demi mencapai cita-cita bersama yakni menjadi univesitas internasional, sebagaimana cita-cita Rektor UMI menjadikan UMI sebagai universitas berkelas dunia.

<span
Penandatangan MoU dirangkaikan dengan Seminar Internasional tentang Aqidah dan Pemikiran Islam, dengan pembicara Dr. Muhammad Sabri AR, M.Ag dosen UIN Alauddin Makassar dengan topik “Mungurai Kesenyapan Bahasa Mistik : Menimbang Epistemologi Hudhuri” dan Tuan Guru Dr. H. Jahid bin H. Sidek dosen Universiti Sains Islam Malaysia dengan topik “Isu Akidah dan Amalan dalam Perubatan Masyarakat Islam di Malaysia”. Seminar ini diikuti dosen dari Fak. Agama Islam UMI dan dosen KUIS Malaysia.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!