UMI Makassar – UMI inisiasi kerjasama dengan Universitas Putra Malaysia ( UPM) di ruang Meeting Rektor UMI kampus 2 Jl.Urip Sumoharjo Km.05 Makassar (19/2).

Hadir Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, MA, Wakil Rektor V Bidang Kerjasama Prof.Dr.H. Ma’ruf Hafizh, SH.MH, para Dekan, Ketua LPDKI, dosen agama, karyawan, dan pengurus lembaga mahasiswa Fak.Agama Islam UMI.

Dekan Fak.Agama Islam, H.Hasibuddin menyatakan rasa syukur atas terselenggaranya acara ini untuk menjejaki kerjasama pertukaran mahasiswa dan dosen antara UMI dan UPM diawali dengan International Lecturing (Kuliah Internasional) tentang “One ASEAN One Community” .

“Kegiatan ini juga sebagai pra Rapat Kerja Fak.Agama Islam UMI, sehingga diharapkan masukan dari Prof.Ahmad Tarmizi dan Prof. Sarjit Sing Gill dari UPM Malaysia,” ungkapnya.

Rektor UMI menyatakan, kegiatan ini sangat penting bagi UMI terutama dalam melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, sebagaimana dituangkan Allah dalam Al-Qur’an untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Selain itu untuk mensukseskan cita-cita UMI sebagai universitas berkelas dunia. Dikatakan pula, UPM Malaysia diajak juga bekerjasama dalam pengembangan dakwah Islam secara global, apalagi UMI memiliki satu lembaga yang dinamakan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami, jelasnya. Rektor UMI juga menggantungkan harapan yang besar kepada Fakultas Agama Islam untuk mampu mengembangkan diri, salah satunya melalui kegiatan hari ini. Selain itu, Rektor UMI juga memberikan reward bagi mahasiswa UMI yang hafal Al-Qur’an 20 juz diberikan jadiah Umrah ke Mekah, seperti baru-baru ini 3 orang hafizh Al-Qur’an dinaikkan ke Tanah Suci untuk Umrah.

“UMI memang sangat berkomitmen dalam mengembangkan agama Islam, seperti baru-baru ini dilaksanakan Pelatihan Da’i Bagi Pimpinan UMI,” urainya.

Prof.Dr.Ahmad Tarmizi Thalib dari UPM dalam sambutannya menyatakan rasa syukur atas sambutan UMI yang sangat hangat dan ramai. Tujuan kegiatan ini dalam rangka UPM mengembangkan kerjasama yang lebih erat ke depan, misalnya dalam rangka students exchange, research and publication. UPM menyiapkan dana beasiswa untuk students exchange, sehingga mahasiswa bisa kuliah dengan gratis, termasuk di fakultas Human Ecology UPM.

Dikatakan pula, ada sekitar 189 Prodi di UPM, termasuk Halal Institute yang paling banyak diminati saat ini di UPM, demikian pula Prodi Islamic Finance cukup diminati mahasiswa di Malaysia. Disamping itu, UPM juga mengembangkan prodi Phylosofi dan Human Ecology. Demikian pula di Malaysia, ada Majelis Profesor Negara sebagai satu lembaga yang menasehati perdana menteri dan lembaga ini bekerjasama dengan API (Asosiasi Profesor Indonesia) yang berkedudukan di UGM. Kegiatan lain yang bisa dikerjasamakan antara lain Long Distance Lecturing untuk S2 dan S3, kuliah bisa di UMI, bisa juga kuliah di UPM.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!