Fakultas Ekonomi UMI Tingkatkan Kualitas Penelitian Dosen

UMI Makassar – Tugas pokok seorang dosen ada 3 domain yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  Hal ini mengandung makna bahwa tugas seorang dosen selain mengajar pun membimbing mahasiswa, juga diwajibkan untuk melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sayangnya, dua poin terakhir ini masih sering dianggap sebagai sebuah ‘pekerjaan sampingan’. Seorang dosen lebih berfokus pada tugas rutinnya sebagai pengajar serta pembimbing mahasiswa ketimbang melakukan inovasi baru melalui kegiatan penelitian, hal ini disampaikan Rektor UMI Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA saat membuka sosialisasi penelitian Dikti, penelitian internal dan klinik proposal bagi dosen Fakultas Ekonomi dalam rangka meningkatkan kualifikasi UMI menuju World Class University di aula Fakultas Ekonomi kampus 2 UMI (10/3).

Lanjut dikatakan, melalui penelitian dosen dapat menemukan beragam masalah yang berkembang di masyarakat dapat dihasilkan sebuah solusi maupun inovasi yang bisa memberikan manfaat secara langsung, baik untuk institusi maupun bagi masyarakat disekitarnya. Selain itu, dukungan hasil penelitian yang relevan dan up to date, maka wawasan common sense seorang mahasiswa juga akan semakin terasah. Hal ini tentu dapat mendukung seorang mahasiswa untuk memiliki kemampuan menjadi sosok inovatif dan kreatif dalam menjawab setiap tantangan pembangunan kedepannya.

eko klinik1

Karena itu, ketua umum BKS PTIS ini mengharapkan hasil dari sosialisasi ini para dseon fakultas ekonomi UMI mampu melahirkan lebih banyak hasil penelitian yang berkualitas, dan bermanfaat bagi institusi UMI khususnya, dan bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dr. Syamsuri Rahi, Se.,SIP.,M.Si.AK.,CA.,melaporkan bahwa kegiatan yang berlangsung satu hari ini memiliki peran yang cukup penting bagi suatu perguruan tinggi, khususnya tugas dosen dalam melaksanakan tugas penelitian. Pelaksanaan penelitian pada tingkat perguruan tinggi di Indonesia saat ini masih seringkali menemui hambatan. Kenyataanya sikap dosen yang lebih sering memilih untuk fokus pada tugasnya sebagai pembimbing mahasiswa, ketimbang menjalankan dua tugas lainnya –terutama tugas penelitian– bukanlah tanpa alasan. Tidak hanya karena masalah dana penelitian yang acap kali besar pasak daripada tiang. Masalah manajemen data penelitian yang tidak tertata dengan baik juga seringkali menjadi hambatan. Kondisi ini membuat proses administrasi penelitian tidak tertata, dan berbelit-belit.

“Untuk itu, diharapkan sosialisasi dan klinik proposal ini dapat membantu dosen Fakultas ekonomi UMI untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal penelitian yang akan mendapatkan pendanaan dari Dikti dan Internal Yayasan Wakaf UMI,” ujar alumni Fakultas Ekonomi UMI ini.

(Humas UMI)

Previous LP2S UMI Adakan Klinik Proposal Penelitian
Next Dosen UMI Dilatih Buat Proposal Pengabdian Masyarakat

You might also like

Tim Teknologi Industri UMI Melaju ke Final Inception 2015

Alhamdulillah, Tim Mahasiswa CR23 Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri  (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) lolos 20 besar pada lomba Desain Produk taraf Internasional dengan menampilkan desain produk teknologi pemanen

FTI UMI – ITS Surabaya Jalin Kerjasama

UMI Makassar – Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjalin kerja sama denga Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Jalinan kerja sama ini ditandai

Cabin Canteen FTI UMI Siap Dioperasikan

UMI Makassar – Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) akhirnya mewujudkan mimpi memiliki cabin canteen, bangunan kantin yang terbuat dari kontainer bekas. Cabin Campus Canteen, begitulah nama cabin canteen milik