Seminar Bahasa Arab "Urgensi Ilmu-Ilmu Bahasa Arab dalam Memahami Referensi-Referensi Islamiyyah" oleh Fakultas Sastra UMI (18 Desember 2019)

Posted by Umi Makassar on Wednesday, December 18, 2019

Fakultas Sastra UMI melalui Himpunan Mahasiswa Sastra Arab memperingati hari bahasa arab sedunia 2019 dengan menggelar seminar bahasa arab dengan tema “Urgensi Ilmu-ilmu Bahasa Arab Dalam Memahami Referensi-referensi Islamiyyah” di aula Fakultas Sastra UMI, Rabu, 18 Desember 2019.

Ketua Panitia Fadel Muhammad dalam laporannya mengurai tujuan diadakannya seminar bahasa arab ini adalah untuk mengangkat eksistensi bahasa arab di indonesia.

Dalam Seminar Bahasa Arab ini kami menghadirkan Narasumber Dr. H. Ruslan, MA. (Dosen Sastra Arab FS UMI) dan Syekh Dr. Ahmad Alzahrani (Dosen At Tabuk Madinah) serta Moderator Dr. H. Agussalim Beddu Malla, MA (Ketua Prodi Sastra Arab FS UMI), tutup Fadel Muhammad yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Sastra Arab FS UMI.

Ketua Program Studi Sastra Arab FS UMI Dr. Agussalim Beddu Malla, MA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa bahasa arab merupakan bahasa resmi dunia. Yang oleh karena itu pada tanggal 18 Desember diperingati dengan Hari Bahasa Arab Se Dunia.

Bahasa Arab merupakan Bahasa Al Quran, dan kita sebagai umat muslim wajib mengerti dan membaca Al Quran, urainya.

Wakil Dekan 3 Fakultas Sastra UMI Abd. Majid, S.Sos.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita dituntut untuk cerdas dalam berkomunikasi, seperti sabda rasulullah berbicaralah sesuai dengan kemampuan kita berkomunikasi, sehingga seharusnya bahasa arab dijadikan budaya dalam keseharian, contoh kecilnya dengan ucapan salam.

Kami dari unsur pimpinan FS UMI mendukung seluruh kegiatan yang bernilai positif demi kemajuan UMI yang sama kita cintai, tutupnya.

Wakil Rektor 3 UMI Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. H. La Ode Husen, SH.,MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa bahasa arab menjadi kebutuhan dan instrumen utama dalam menjalani kehidupan kita di dunia.

Bahasa Arab yang merupakan bahasa resmi PBB, mengharuskan kita juga harus paham dengan bahasa arab, apalagi kita sebagai umat muslim, yang al quran merupakan pedoman hidup umat muslim yang ditulis dalam bahasa arab, tambahnya.

Kami selaku Pimpinan bidang kemahasiswaan ditugaskan untuk melayani seluruh kegiatan mahasiswa, sehingga kami wajib mendukung dan mensukseskan seluruh kegiatan kemahasiswaan di UMI, tutupnya.

Turut hadir dalam seminar yaitu Wakil Rektor 3 UMI Prof. Dr. H. La Ode Husen, SH.,MH., Wakil Dekan 3 FS UMI Abd. Majid, S.Sos.,M.Si., Ketua Prodi Sastra Arab FS UMI Dr. Agussalim Beddu Malla, MA., Kepala Humas UMI Dr. Hj. Nurjannah Abna, SS.,M.Pd., Dosen, dan Peserta Seminar dari berbagai perguruan tinggi di makassar.

(HUMAS)