FH UMI Tuan Rumah 3 Asosiasi Hukum

UMI Makassar – Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (FH UMI), terpilih sebagai tuan rumah pertemuan tiga asosiasi di bidang ilmu hukum, yakni Asosiasi Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APTHI), Asosiasi Profesi Hukum Indonesia (APHI) dan Asosiasi Penyelenggara Program Studi Ilmu Hukum Indonesia (APPSIHI), yang akan digelar di Swiss Bell In Hotel 21 – 23 Agustus mendatang.

Menurut Dekan FH UMI M Syarif Nuh, jumlah peserta yang akan ikut yakni sebanyak 150 peserta. Menurutnya, pertemuan nasional itu sekaligus merupakan mendeklarasikan pendirian Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM ) bidang hukum, serta rapat kerja untuk perkembangan seminar nasional.

jumpa pers hk2

“Hal ini sekaligus mencari solusi dan kualitas PT, karena harus penuhi standar akreditasi kelayakan,” ungkapnya.

Dikatakan pula, biasanya Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT yang mengakreditasi PT. Namun, mengingat ada 370 PT Ilmu hukum, Fakultas dan sekolah tinggi hukum, maka hal itu akan membuat BAN PT kewalahan yang menyebabkan berkas akreditasi menumpuk. “Namun akreditasi ini tetap harus dapat rekomen BAN PT,” ujar dia.

Selain itu juga, pihaknya akan menggelar seminar nasional pembentukan LAM PT hukum, menyangkut kebijakan pemerintah terkait pembentukan LAM PT, yang akan dihadiri Ketua BAN PT Prof.Dr.H.Masyur Ramly, sebagai pembicara terkait regulasi. Para peserta yang hadir diantaranya, semua pimpinan ketiga asosiasi hukum tersebut, juga dekan fakultas hukum seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, masih banyak problematika terkait dengan keberadaan LAM PT Hukum. Beberapa diantaranya adalah soal pendanaan LAM, yang tidak setara dengan BAN PT. LAM seharusnya mendapat dukungan dana operasional dari APBN, karena selama ini, pengajuan akreditasi program studi ke BAN PT dibiayai oleh negara.

Steering committe Prof Muin Fahmal mengatakan, berdasarkan UU PT, memang merekomendasikan tentang pembentukan LAM sesuai bidang ilmu. “Saat ini yang sudah jalan adalah LAM PT Kesehatan,” tandasnya.

(Humas UMI)

Previous Mahasiswa UMI Ikuti Kultum 'Ayo Kerja'
Next LPDKI UMI-AMKI Gelar Kajian & Mabit

You might also like

Pemimpin Harus Memiliki Pengetahuan, Percaya Diri dan Jaringan : Agenda Women Leadership Award Part.2

UMI Makassar – Hari ketiga dan keempat diMelbourne semakin menyenangkan, hubungan kekeluargaan antar peserta Indonesian Women’s Leadership Course  semakin kental demikian juga dengan Kylie dan Yusria yang setia mendampingi serta

150 Pengurus IKA FTI UMI Dikukuhkan di Hotel Maxone

UMI Makassar – Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar dilantik oleh Ketua IKA Pusat Ir H Zulkanrnain Arief MBA di hotel Maxone 9 September 2017. Hadir Rektor UMI

PT Pertamina Gandeng FTI UMI Tantang Technopreneur Muda Adu Inovasi

UMI Makassar – PT Pertamina (Persero) menantang technopreneur muda beradu inovasi dan teknologi melalui Pertamina Technopreneur Challenge (PTC). Event yang diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia