UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta merupakan bagian intergral dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dengan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan tidak meninggalkan ciri khas UMI sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah, hal ini disampaikan Rektor UMI saat membuka Lokakarya penyusunan proposal dan  tugas akhir yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UMI, di aula FIK UMI (29/4).

Lanjut dikatakan, penelitian sebagai bagian dari tri darma perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya untuk dosen tapi anak-anakku mahasiswa sebagai bekal dalam penyusunan proposal dan tugas akhir untuk meraih gelar sarjana.

“Alhamdulillah, UMI telah mendapat kepercayaan dari Ditlitabmas Dikti untuk mengelola sendiri penelitian desentralisasi perguruan tinggi dengan  kategori  madya dan merupakan satu-satunya PTS di Indonesia Timur yang mendapatkan kewenangan untuk itu,” ujar masrurah yang terpilih kembali sebagai Rektor UMI untuk periode kedua.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer UMI, Ir. Muhammad Diah Yusuf, MSc., Ph.D dalam sambutannya mengatakan  workshop ini bertujuan  untuk membekali para dosen dan mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian melalui sejumlah pelatihan peningkatan kemampuan penelitian dan pengembangan sumber daya.

Selain itu, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 29 April sampai dengan 2 Mei ini   bertujuan untuk menghasilkan modul penyusunan proposal penelitian dan tugas akhir sebagai pedoman bagi mahasiswa dan pembimbing dalam penulisan tugas akhir untuk meraih gelar sarjana.

Ketika ditanya apakah selama ini belum ada modul, Dekan FIK yang terpilih kedua kalinya ini menjawab, sebelumnya sudah ada modul, hanya karena hasil raker bulan lalu menghasilkan adanya perubahan kurikulum dan adanya 3 tambahan peminatan yaitu; rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, dan informatika industri.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!