Adapun Keynote speaker dalam seminar ini adalah Prof. Dr. Gati Gayatri, MA (Kementerian Kominfo Pusat), Haviluddin, M.Kom, Ph.D (Universitas Mulawarman), turut pula dosen Fikom UMI memberikan Sharing Session dalam seminar ini, Yulita Salim, S.Kom, MT.

Ketua Panitia, Achmat Radil, SE., M.Adm.Sdm mengungkapkan bahwa seminar ini bertujuan memberikan kontribusi peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, membangun sinergitas antara pemerintah, lembaga penelitian, perguruan tinggi dan industri dalam pengembangan ekosistem digital bidang komunikasi dan informatika. Seminar ini menghadirkan 2 (dua) orang narasumber yang kompeten untuk membahas topik membangun ekosistem digital di Indonesia.

Rektor UMI dalam sambutannya menyambut baik kerjasama FIKOM UMI dan BBPPSDMPKI menggelar seminar nasional ini. “Berbicara tentang membangun ekosistem digital tentu kita akan banyak terlibat dengan perihal dunia maya. Kompetensi yg di butuhkan dalam 5.0 diharapkan pula dapat menghasilkan SDM yang mampu berpikir kritis, kompetitif dan kooperatif. Revolusi ini paling tidak, ada 4 kompetensi yang di butuhkan yaitu Leadership skill, language skill, technology IT Literacy, Writing Skills” pungkas beliau. Mengakhiri sambutannya Rektor UMI mengucapkan terima kasih kepada BBPPSDMPKI Makassar telah menggelar kerjasama dan menunjuk UMI sebagai tuan rumah seminar nasional ini.

Kepala BBPPSDMPKI Ir. Ruslan Harun,MM berharap seminar nasional yang bertujuan untuk menciptakan forum formal mendukung industri digital tanah air ini memberikan nilai tambah bagi pesertanya sehingga mampu melahirkan gagasan-gagasan yang tidak hanya visioner dan revolusioner tetapi juga feasible untuk diterapkan baik di kalangan pemerintah dan industri. Seminar ini merupakan yang kedua kalinya kami adakan di UMI, semoga tahun depan bisa diadakan dan lebih baik lagi, pungkas beliau.

Turut pula hadir dalam seminar ini Kementerian Kominfo pusat, Perwakilan Kominfo kabupaten/kota,Para peneliti bidang informatika dan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

(HUMAS)