UMI Makassar – Film “Takut Denda” menjadi pemenang kategori film fiksi anak di acara Apresiasi Film Indonesia yang diadakan di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Sabtu 24 Oktober 2015. Film produksi Meditatif films pada tahun 2014 ini ditulis dan disuteradarai oleh Arief Rakhman Muallim, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI), angkatan 2011 dengan konsentrasi Jurnalistik.

Kegiatan film nasional ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Film “Takut Denda” menyisihkan dua film lainnya dikategori yang sama, yaitu film “Mak Cepluk” dari Yogyakarta, dan film “Menunggu Kabar” dari Jakarta. Film fiksi yang masuk kategori anak adalah film panjang yang berdurasi 60 menit atau film pendek berdurasi diatas 5 menit yang diperuntukkan sebagai tontonan anak.

piala pekan film mks merah. sombere bening. AFI warna emas

Arief Rakhman Muallim yang akrab disapa arif ini dalam sambutannya didepan masyarakat Jogja mengatakan, ia sama sekali tak menyiapkan speech untuk kemenangan film pertamanya ini di tingkat nasional, “Saya tidak menyiapkan speech untuk kemenangan saya, karena masuk nominasi di ajang perfilman nasional sudah sangat membanggakan bagi saya” tuturnya.

Arief melanjutkan bahwa apresiasi ini dia persembahkan untuk teman-temannya di Makassar in Cinema dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI.

Dalam wawancaranya bersama Humas UMI, Arief mengungkapkan, ide film “Takut Denda” diangkat dari pengalaman pribadi Arief sebagai penulis dan sutradara yang masuk ke perpustakaan kampus saat kartu perpustakaannya telah habis masa aktif dan dia tidak tau bahwa ternyata kartu itu bisa kadaluarsa. Menurut Arif niat untuk membaca yang dihalangi proses administrasi ini sangat menarik jika dialami oleh anak kecil, karena menurutnya ia sebagai mahasiswa sempat merasa kesal dan kesusahan.

Selain Arief, ada dua mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI yang masuk ke dalam kru film “Takut Denda” yaitu Waode Ulfha (2012) dan Usman Warwefubun (2011) yang bertindak sebagai sound recordis.

Film Takut Denda ini diproduksi memakan waktu yang cukup panjang karena melalui workshop Makassar In Cinema yang menerapkan beberapa tahap dari penyeleksian pada bulan 12 Tahun 2013 hingga penciptaan film pada bulan Mei 2014 dan ditayangkan pertama kali di Bioskop Capitol Gedung Kesenian Societiet De Harmonie pada tanngal 22-25 juni 2014. (makassar in cinema 2014) Trailer- takut denda : https://m.youtube.com/watch?v=RTQJVFhuIqQ

Ada beberapa kategori yang dilombakan dan masing-masing pemenang pada setiap kategori berhak membawa pulang piala Dewantara. Ada 17 kategori film yang dianugerahkan pada malam puncak AFI. Diikuti 113 judul kategori fiksi panjang, 13 judul fiksi anak, 140 film fiksi pendek umum, 32 judul film fiksi pendek pelajar, 55 judul film dokumenter umum, 24 judul film dokumenter pelajar, 9 poster film dan 10 film untuk Adhi Karya.

1446027229639

Arief Rakhman Muallim merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Lahir di Tanatoraja 1992, ia terdaftar sebagai mahasiswa aktif jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia angkatan 2011. Berikut penghargaan yang telah diraihnya:

  1. Pemenang film pendek terbaik di ajang festifal film Pekan Film Makassar yang diselenggarakan dinas Pariwisata Kota Makassar di gedung Kesenian Societiet de Harmonie Makassar pada bulan Maret 2015.
  2. Pemenang film pendek terbaik kategori mahasiswa/umum di ajang Sombere Awrads 2015 di Monumen Mandala Makassar pada bulan Mei 2015.
  3. Official Selection Festival Film Universitas Indonesia pada bulan September 2015.
  4. Pemanang film pendek terbaik kategori unggulan film fiksi anak di ajang Apresiasi Film Indonesia 2015 yang diadakan Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI dia Benteng Vredeburg Yogyakarta sabtu 24 Oktober 2015.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!