Makassar, umi.ac.id – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar acara yudisium dan pengucapan janji Sarjana Kedokteran serta yudisium, dan Pengambilan Sumpah Dokter Batch I Tahun 2020 Fakultas Kedokteran UMI via virtual, Kamis (7/5/2020).

Pengukuhan yang disaksikan langsung oleh Rektor UMI yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT., ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran UMI Prof. dr. H. Syarifuddin Wahid, PhD., SpPA (K).

Acara yang berlangsung khidmat meski di tengah Pandemi ini diikuti oleh jajaran civitas akademika Kedokteran UMI dan seluruh orang tua wali mahasiswa.

Meski berlangsung dengan protokoler ketat penanggulangan Covid-19, prosesi sakral dari setiap tahapan pengukuhan ini dipastikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku mulai dari pembacaan sumpah profesi hingga sumpah kedokteran.

Dalam kesempatan itu, Dekan FK UMI Prof. Syarifuddin mengatakan, meski acara ini dibaluti dengan duka situasi Covid-19, namun momen kali ini menjadi sejarah bagi semua orang, termasuk alumni Kedokteran UMI dan profesi dokter UMI.

Saya kira ini pertama dan terakhir dalam sejarah karena di tengah pandemi. Acara ini sangat sakral dan alhamdulillah acara ini berjalan dengan baik sumpah dokter didampingi dengan orang tua,” ungkap Prof. Syarifuddin.

“Kita biasanya kalau acara seperti ini bersilaturahim bertemu sahabat karena biasa ada teman lama. Namun kali ini tidak demikian. Kita harus optimis bahwa pandemi ini akan segera berakhir,” sambung Prof. Syarifuddin.

Dekan Fakultas Kedokteran UMI ini menyebutkan, pihaknya terus berupaya menciptakan kualitas keluaran alumni yang semakin membaik.
“Fakultas kedokteran UMI terus berupaya meningkatkan kualitas didikannya, insya Allah ke depannya akan ada kemajuan yang akan diperoleh demi pendidikan yang berkualitas,” tutur Prof Syarifuddin.

Acara pengukuhan kali ini berlangsung spesial karena diikuti langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah 9 Sulawesi dan Gorontalo Prof. Dr. Jasruddin yang sedang mendampingi putrinya saat acara prosesi pengukuhan dokter berlangsung.

(HUMAS)