Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia melakukan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri Universitas Khaerun Ternate, tiga hari lalu tepatnya 26 November 2019, di Aula Pertemuan RS Chasan Boehary Kota Ternate Provinsi Maluku Utara.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (Agreement) antara Fakultas Kedokteran UMI dengan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri Univeritas Khairun Kota Ternate Provinsi Maluku Utara sebagai implementasi dari MoU antara seluruh Fakultas Kedokteran yang tergabung dalam Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah 6 yang bertujuan anggota AIPKI saling mendukung dan memberi kemanfaatan bersama, pengembangan SDM, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Sebagai implementasi kerjasama yang dibangun kedua lembaga Pendidikan negeri dan sswasta tersebut, dilanjutkan dengan pembimbingan program profesi dokter, dalam rangka pembinaan dan pendampingan penyelenggaraan kurikulum program studi profesi dokter dan Persiapan Penetapan RS Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (UNKHAIR)., Hal ini disampaikan Dekan Fak.Kedokteran UMI Prof. dr. h Syarifuddin Wahid yang didampingi WD I FK UMI Dr dr H Nasaruddin MARS SPoG saat ditemui dikantornya Fakultas Kedokteran UMI Kampus 2 (29/11).

Lanjut dikatakan, perjanjian ini sebagai langkah konkrit, Fakultas Kedokteran Universitas Khairun menunjuk UMI sebagai mitra untuk mendampingi dan menyusun kurikulum dan model pelaksanaan program profesi dokter (kepaniteraan klinik).

Kerjasama kedua lembaga telah dirintis sejak bulan Juli 2019 dengan diadakannya lokakarya program profesi dokter di Fakultas kedokteran Khaerun Ternate, dengan menghadirkan narasumber Pimpinan dan Dosen Fakultas kedokteran UMI.

Sementara itu WD I FK UMI Dr dr H NasruddinMARS, SPoG menambahkan bahwa tindak lanjut kerjasama ini yang ditandatangani langsung Dekan FK UMI dan Dekan Fk Univeritas Khaerun Ternate yang disaksikan Langsung oleh Rektor Universitas Khairun dilanjutkan dengan wokshop yang berlangsung tanggal 25-27 November 2019 dengan menghadirkan narasumber Tim Kurikulum (Dosen Fakultas Kedokteran UMI) yaitu, 1) Workshop penyusunan kurikulum profesi dokter, 2.Workshop panduan pelaksanaan program profesi dokter dan 3.workshop penyusunan buku panduan, buku ajar, modul, logbook dan portofolio.

Workshop yang berlangsung tiga hari ini, merupakan langkah awal persiapan Fakultas Kedokteran Universitas Khaerun yang baru akan menamatkan program studi sarjana kedokteran pada bulan Maret 2020, yang selanjutnya akan memulai pendidikan profesi dokter.

Workshop yang bertujuan pembimbingan program profesi dokter di Fk Universitas Khaerun kali ini merupakan workshop tahap pertama yang selanjutnya pada awal tahun 2020 akan dilanjutkan dengan workshop tahap kedua yaitu 1.workshop persiapan SDM program profesi dokter ( Dokter Pendidik Klinik), 2.Workshop perhitungan unit cost untuk profesi dokter dan 3.workshof dokter, tambah Dr Nas sapaan akrab Asdir II RS Ibnu Sina YW UMI ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan universitas Khairun Prof.Dr. Husain Alting, SH,MH dan dekan FK Unkhair dr.Marhaeni,Sp.A,MM dan dari Fakultas Kedokteran UMI hadir Dekan Prof.dr.Syarifuddin Wahid,Ph.D,Sp. F(K),Sp.PA, Wakil Dekan I/ Direktur Pendidikan RS “Ibnu Sina” YW UMI Dr.dr.Nasrudin AM,Sp.OG (K),MARS, Kaprodi Profesi Dokter Dr.dr.Shofiyah Latief,Sp.Rad,M.Kes, Kaprodi Sarjana Kedokteran dr.Shulhana M.Med.Ed, Ketua Komkordik RS “Ibnu Sina” YW UMI / Sekretaris Prodi Profesi dr.Marliyanti Akib,Sp.M (K) ,M.Kes , Ketua Clinical Education Unit dr.Ratih Natasha,Sp.M (K),M.Kes dan Sekretaris Clinical Education Unit dr.Nevi Sulvita Karsa,M.Kes. Selain hadir pada kegiatan MOU ini seluruh Tim dari FK UMI juga sebagai narasumber dan instruktur 3 kegiatan workshop, ujar dr Nas yang juga alumni FK UMI ini.

(HUMAS)