Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia turunkan tim medis pada bencana alam di Maluku Tengah, Provinsi Maluku. dr. Wawan Susilo diamanahkan sebagai Koordinator dengan anggota  dr.Andi Masdifa, Rahmad Syamsul, Syatirah Riski Ananda, Andi Muhammad Arya.

Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Prof. dr. H. Syarifuddin Wahid, Ph.D., Sp. PA(K), Sp.F., DFM. yang didampingi WD III FK UMI, dr. Syamsu Rijal mengarahkan kepada tim yang ditugaskan agar senantiasa berkoordinasi dengan Crisis Center setempat dan memberikan laporan atas kebutuhan di lokasi bencana.

“Semoga tim ini bisa bekerja dengan baik. Intensifkan koordinasi dengan crisis center FK UMPATI dan IDI Maluku Tengah. Kami berharap tim pertama yang berangkat dapat melihat situasi di Maluku tengah, kemudian melaporkan secepatnya berkenaan dengan  apa apa saja yg dibutuhkan di lokasi bencana”, ungkapnya.

Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E., M.Si. turut bersedih atas bencana yang menimpa Maluku Tengah dan mengapresiasi kesigapan Fakultas Kedokteran  dalam merespon situasi darurat bencana.

“Mewakili Civitas Akademika UMI, saya turut bersedih atas bencana yang menimpa saudara kita di Maluku Tengah. Tentu bencana ini menjadi sarana muhasabah diri. Kami mengapresiasi kerja keras dan kerja ikhlas serta kesigapan dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas lainnya dalam lingkup UMI yang senantiasa siap merespon situasi bencana, dimanapun di Indonesia. Hal ini bagian dari kepedulian terhadap sesama dan memberi kemanfaatan kepada sesama. khaerunnas anfa’uhum linnas”, ungkapnya.

Tim medis yang diturunkan melibatkan berbagai pihak yang berkolaborasi diantaranya: RS ”Ibnu Sina” YW UMI, Association of Medical Doctor of Asia (AMDA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) / Dewan Mahasiswa Profesi (DMP) / Tim Bantuan Medis 110 / Asian Medical Students Association (AMSA) dan Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI.

Tim pertama ini,  membawa bantuan obat obatan, makanan siap saji, dan lain-lain, hal ini ditambahkan WD I Fak. Kedokteran UMI.Dr. dr. H. Nasruddin SPOG Mars.

(HUMAS)