Fakultas Kedokteran Gigi UMI ditetapkan sebagai Tempat Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi Mulai Periode 1 tahun 2020, hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UMI, Prof.drg.H.Dharmautama, Ph.D.,Sp.Pros.(K), Kamis (23/1).

“Alhamdulillah FKG UMI sudah ditetapkan sebagai tempat uji kompetensi Dokter Gigi mulai periode 1 tahun 2020, Terima Kasih banyak atas dukungan dari semua pihak yang membantu pencapaian ini, tutur Prof. Dharma.

Penetapan ini berdasarkan surat keputusan Panitia nasional uji kompetensi mahasiswa program Profesi Dokter Gigi nomor 38/UKMP2DG/I-2020 yang memperhatikan bahwa FKG UMI dari hasil Kunjungan dan visitasi di Fakultas Kedokteran Gigi UMI tanggal 26-28 Desember 2019 maka diputuskan FKG UMI telah memenuhi syarat menjadi tempat uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter gigi.

Sementara itu Wakil Dekan 1 FKG UMI, drg.Hj.Fadhillah Oemar Mattalitti, M.Kes., Ph.D.,memaparkan langkah-langkah dan persiapan sehingga FKG UMI ditetapkan sebagai tempat uji kompetensi mahasiswa program Profesi Dokter Gigi yakni Mempersiapkan ruang OSCE dan ruang CBT sesuai standar yang ditetapkan Panitia Nasional (Pannas) UKMP2DG termasuk fasilitas IT kemudian bersurat ke Pannas UKMP2DG untuk divisitasi sebagai senter uji UKMP2DG.

Selain itu, Dosen FKG UMI mengikuti pelatihan-pelatihan seperti pelatihan Penguji Internal/Eksternal, Pelatihan Pengawas Pusat, Pelatihan Pembuatan soal CBT dan OSCE, Pelatihan Pelatih Pasien Standar, dan lainnya. Selain itu Uji coba OSCE dan CBT yang diawasi langsung oleh Asessor dari Pannas UKMP2DG, dilanjutkan dengan revisi, uji coba kembali dan akhirnya dinyatakan layak untuk menjadi senter uji UKMP2DG Periode I, 2020, tuturnya.

(HUMAS)