Makassar, umi.ac.id – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Talkshow Perikanan dan Kelautan secara virtual melalui zoom dan Live Youtube Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI, Sabtu (25/7/2020).

Talkshow Perikanan dan Kelautan tersebut mengangkat tema “Mempersiapkan Sumberdaya Manusia Bidang Perikanan Dan Kelautan Di Era Revolusi Industri 4.0″.

Dalam Talkshow ini menghadirkan Panelis Prof. Dr. Ir. H. Nasir Nessa, MS. (Pendiri Fak. FPIK UMI), Prof. Dr. Ir. H. M. Hattah Fattah, MS. (Wakil Rektor V UMI / Guru Besar FPIK UMI), Dr. Ir. Asbar, M.Si. (Dekan FPIK UMI), Dr. Ir. H. Hasanuddin Atjo, MP. (Kepala Bappeda Sulteng), Prof. Dr. Ir. H. Muh. Kasnir, M.Si. (Sek. Prodi Studi Budidaya Perairan), Dr. Firman, S.Pi.,MP. (Sekertaris Daerah Kabupaten Pasangkayu), Dr. Ir. Muh. Jamal Alwi, M.Si. (Ketua Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan), Edi Susilo, S.Pi.,M.Si. (Kabid. Hubungan Antar Lembaga, Kemenko Maritim & Investasi), Dr. Ir. Hamsiah, M.Si. (Ketua Prodi Ilmu Kelautan), Asmidar, S.Kel.,M.Si. (Kepala Lab. Oseanografi & Akustik FPIK UMI), Muhammad Ali Ulat, S.Pi.,M.Si. (Asdir 1 Poltek KKP Sorong), dan Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Ir. Andi Tamsil, MS. (Dosen FPIK UMI).

Kegiatan ini dibuka Rektor UMI diwakili Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. Ir. H. M. Hattah Fattah, MS.

Dalam sambutannya Prof. Hattah mengungkapkan, disrupsi tidak dapat kita hindari dengan era perubahan yang sangat cepat yang tidak dapat kita prediksi dengan pendekatan linieritas, karena yang berkembang sekarang adalah kemampuan literasi digital dan big data.

Tantangan sektor kelautan dan perikanan kedepan adalah pendekatan yang baru yaitu era revolusi industri 4.0. dimana selera anak milenial lebih terbiasa dengan IT sehingga regenerasi divektor harus kita kembangkan sesuai minat dan perkembangan digital sekarang ini. .

Guru besar FPIK UMI ini berharap semoga Talkshow ini dapat memberikan pendekatan baru sehingga FPIK dapat terus maju dan mendorong perkembangan sektor Perikanan dan Kelautan khususnya Fakultas Perikanan & Ilmu Kelutan UMI, urainya.

Sementara itu, Dekan FPIK UMI Dr. Ir. Asbar, M.Si. dalam laporannya mengungkapkan bahwa Kegiatan ini merupakan rangkaian Milad UMI ke 66 dan Milad FPIK UMI ke 33.

Harapan kami talkshow ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada tenaga dosen dalam mempersiapkan diri dalam mengikuti perkembangan teknologi.

kita lakukan orientasi kurikulum, bukan berarti merubah tetapi Literasi baru tentang penggunaan teknologi dalam Materi Pembelajaran dan Media Pembelajaran dalam menghadapi era revolusi industri 4.0., ungkapnya.

Selanjutnya pengembangan softskill yang mengarah kepada interaksi komunikasi terhadap dunia indutri khususnya IT, serta memperbanyak Matakuliah Kewirausahaan dengan memperbanyak praktikum dan magang.

Saat ini Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan UMI menerima Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru TA. 2020/2021 dengan Program Sarjana yang seluruh prodinya telah terakreditasi “A”, Magister dan Doktor serta telah Terakreditasi Institusi “A”, tutup Dr Asbar.

(HUMAS)