Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Makassar menggelar Workshop Pendidikan dan Pelatihan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) di Aula FPIK UMI Makassar, Sabtu 20 Juli 2019.

Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) ini sebagai salah satu tri darma perguruan tinggi selain pendidikan dan pengajaran dosen diharapkan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat. Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) sebagai salah satu program pengabdian kepada masyarakat multi tahun yang dibiayai oleh ristekdikti tahun anggaran 2019.

Alhamdulillah satu-satunya yang lolos di UMI proposal Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) multi tahun berbasis fakultas adalah ibu Asmidar, S.Kel, M.Si salah satu dosen di Jurusan Ilmu Kelautan FPIK UMI sebagai Ketua Tim dan Dr. Ir. Danial, M.Si., Ir. Mustamim, M.Si., Ir. Beddu Tang, M.Si sebagai Anggota Tim.

Kegiatan Workshop diikuti oleh 25 peserta baik mahasiswa maupun alumni FPIK. Workshop dibuka oleh Dekan FPIK Dr. Ir. Asbar, M.Si dihadiri Kepala Laboratorium Kewirausahaan Dr. Ir. Hj. Kasmawati Saleh, MP. Kegiatan tersebut menampilkan pembicara Ir. H. Muchlis A. Misbah selaku Presdir Mekkah Madinah Property, Owner Apotik MM Farma, Owner Bebek Goyang Sulawesi (Begos) dan Pendiri Ayam Bakar Bang Toyyib.  Dalam acara tersebut juga menampilkan pembicara Dr. Ir. H. Mauli Kasmi, M.Si. selaku direktur CV. Rezky Bahari sekaligus ketua IKA FPIK UMI.

Workshop ini bertujuan untuk menciptakan wirausaha yang mandiri yang berbasis ipteks dan diharapkan sesuai dengan bidang ilmunya, peserta mengerti dan menyadari potensi diri serta ruang lingkup dunia usaha, sebagaimana yang disampaikan oleh ibu Asmidar selaku ketua tim pelaksana PPK FPIK. Asmidar menguraikan, selain workshop para peserta nantinya akan diajak mengunjungi perusahaan ekspor impor ikan hias di CV. Rezky Bahari dan CV. Budu Jaya untuk mengamati proses pengemasan ekspor dan impor ikan hias. Selain itu peserta PPK juga diajak mengunjungi perusahaan pengawetan ikan dan rumput laut di PPN Untia.

(HUMAS)