Makassar, umi.ac.id – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muslim Indonesia Makassar sukses menggelar Lomba Cipta Baca Puisi dan Karya Tulis Ilmiah (LOSARIH VOL .II) yang dilaksanakan Selasa (23/3). Lomba ini merupakan Program Unggulan PBSI UMI Makassar.

Hal ini diungkapkan Ketua Program Studi PBSI UMI Makassar, Dr. Sitti Rabiah, M.Hum. saat dihubungi melalui telepon. Dr. Sitti Rabiah melaporkan bahwa kegiatan yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muslim Indonesia (HIMAPBI UMI) dan Program Studi ini berlangsung sukses dengan memadukan pertemuan tatap muka dan kehadiran Dewan Juri dari Jakarta secara virtual.

Dr. Sitti Rabiah mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi semangat sinergi antara mahasiswa dan Prodi untuk menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

“Setiap penyelenggaraan acara pasti ada kendala yang dihadapi dan setiap usaha pasti akan ada hasil yang di dapatkan. Hal ini terlihat dari cara kerja HIMAPBI UMI yang patut diapresiasi, di tengah pandemi ini mereka mampu menjaga kekompakan dan semangat untuk menyukseskan lomba yang melibatkan siswa-siswi SMA se-Sulawesi Selatan”, ungkapnya.

“Semoga penyelenggaraan lomba ini dapat menjadi teladan yang baik serta menjadi ajang pertemuan ilmiah talenta muda potensial sehingga dapat mengenal dunia pendidikan kebahasaan lebih baik”, jelas Dr. Sitti Rabiah.

Ketua HIMAPBI UMI, Andreawan melalui sambungan telepon juga memaparkan bahwa Lomba Puisi dan Karya Tulis Ilmiah ini merupakan unggulan dari Himpunan dan Prodi.

“Tujuan lomba ini sebagai sarana menumbuhkan semangat literasi di kalangan anak muda di Sulawesi Selatan, utamanya siswa siswi SMA. Adapun tema yang kami ambil dalam lomba tahun ini yakni meningkatkan semangat literasi melalui kreativitas dan inovatif dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Tentu sangat relevan dengan tantangan zaman”, ungkapnya.

Ketua Panitia Lomba, Al Huzaini menjelaskan bahwa yang ingin dibangun melalui lomba ini adalah semangat literasi di kalangan remaja yang kian memudar.

“Sehingga lomba ini dapat menjadi pendorong agar remaja, khususnya siswa siswi SMA dapat semakin bersemangat untuk mencintai dunia kependidikan, kebahasaan dan literasi”, jelsnya.

Achmad Zulfikar selaku Dewan Juri Lomba yang diundang khusus dari Jakarta secara virtual menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada panitia dan seluruh peserta.

“Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya sampaikan kepada panitia dan juga khususnya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMI Makassar yang telah mengundang saya secara virtual untuk terlibat dalam Lomba ini. Dari KTI yang telah dipresentasikan adik-adik siswa siswi SMA ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah dan pihak terkait untuk membenahi sektor pendidikan dalam menyambut adaptasi kebiasaan baru dan juga tentunya revolusi industri 4.0 yang telah kita jalani sekarang ini”, ungkap Achmad Zulfikar yang saat ini juga sebagai Sekretaris Dewan Pengawas Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia.

Lomba ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Sastra secara daring melalui platform Zoom, Ketua Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Fakultas Sastra, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sastra UMI. Secara luar jaringan, hadir Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FS UMI dan para peserta Lomba.

Lomba ini menetapkan pemenang dari kategori cipta baca puisi dan karya tulis ilmiah. Pada lomba cipta baca puisi MAN 1 Polewali Mandar berhasil meraih juara 1, SMA Negeri 7 Makassar meraih juara 2 dan SMA Negeri 2 Gowa berhasil meraih juara 3.

Adapun juara pada lomba karya tulis ilmiah, juara 1 berhasil diraih oleh SMA Negeri 2 Bulukumba, juara 2 diraih oleh SMK Negeri 5 Makassar (STM Pembangunan) dan juara 3 diraih oleh MAN Malakaji Gowa.

(HUMAS)