Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) Makassar menggelar Stadium General yang berlangsung di Fakultas Kedokteran UMI, Minggu (25/11).

Kegiatan ini menghadirkan Direktur Asia Africa Centre yang juga Guru Besar Ehime University Jepang, Prof Masayuki Sakakibara sebagai pembicara.

Prof Masayuki dihadirkan untuk memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada mahasiswa Kesehatan Masyarakat.

Juga hadir sebagai pembicara di acara tersebut yaitu Dosen FKM UMI Hj Hasriawani Habo Abbas dan acara ini dipandu oleh moderator, Nurfardiasyah.

Sementara, Dosen FKM UMI Hj Hasriawani Habo Abbas memaparkan terkait bahaya debu terhadap kesehatan masyarakat terlebih pada masyarakat yang berada di Kota.

“Sekarang kota sudah banyak debu yang tidak sehat, debu tersebut dihasilkan oleh transportasi dan pertambangan dan itu sangat berbahaya untuk masyarakat,” tegasnya.

“Kita berharap pemerintah bisa berjalan sinergi dengan akademis untuk menyelesaikan persoalan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Ketua Prodi Kesmas FKM UMI Makassar, Dr Suharni Andi Fachrin mengatakan kegiatan tersebut sebagai wujud visi misi UMI untuk menjadi Word Class University.

“Ini sebagai upaya untuk mewujudkan visi misi almamater,” ujarnya.

Menurut Suharni Andi Fachrin, kondisi persaingan global menuntut keluaran Sarjana Kesehatan Masyarakat yang unggul dan kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar menjadi mutlak diperlukan.

“Pemahaman tentang konsep dan solusi masalah kesehatan yang ada bukan hanya di tingkat lokal, ataupun regional namun juga penting dalam memahami masalah kesehatan di dunia,” tambahnya.

Adapun tujuan kegiatan ini, meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang current issue masalah kesehatan dan solusinya khususnya terkait dengan Sustainable Development Goals.

(Humas UMI)