Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (PPs UMI) Makassar kembali melahirkan Doktor Ilmu Manajemen yang berlangsung di Gedung Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar,  Rabu (05/09/2012).

Ujian Sidang Promosi dipimpin Rektor Universitas Muslim Indonesia Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dengan Promotor Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si, Ko-Promotor Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE.,M.Si., Prof. Dr. Hj. Jeni Kamase, SE.,M.Si, sedangkan Dewan Penguji Prof.Dr. Murjani Kamaluddin, SE.,M.Si,  (Guru Besar Universitas Haluoleo Kendari), Prof. Dr. H. Abdul Rahman Mus, SE.,M.Si, Dr. Sabri Hasan, SE.,MM, H. Hamzah Hafied, SE.,M.Si.,Ph.D dan Prof. Dr. Sufirman Rahman, SH.,MH.

H. Mahmud Nuhung berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Studi Kualitas Jasa dan Pemasaran Relasional, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Kota Makassar”.

Mahmud Nuhung yang sejak tahun 1991 sebagai Dosen tetap Yayasan Unismuh Makassar ini mengungkapkan bahwa dari hasil penelitiannya industri perbankan dan jasa keuangan, saat ini dihadapkan pada persaingan yang sangat tajam, kompleks dan perubahan lingkungan bisnis yang cepat.

“Persaingan menjadi semakin ketat setelah bank asing turut memperebutkan nasabah pada pasar yang sama,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa bank asing ini memunyai kelebihan dalam hal nama besar yang mendunia, pilihan produk yang inovatif serta jaringan global. Lembaga keuangan non bank yang beroperasi secara lebih khusus juga semakin banyak, situasi ini menggambarkan betapa ketatnya persaingan untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas.

Sebagai sumbangsih saran untuk Manajemen bank syariah adalah lebih memerhatikan pelayanan purna beli meliputi membangun komunikasi yang intens dengan pihak nasabah, ikut melakukan pendampingan dalam pengelolaan usaha yang dibiayai dan memberikan reward berupa hadiah.

Acara dihadiri keluarga dan andaitolan serta beberapa dari civitas Unismuh Makassar.

Mahmud Nuhung dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan merupakan alumni Doktor Ilmu Manajemen PPs UMI yang ke-41.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!