Dalam masa Pandemi Covid 19, ketika sebagian besar umat berada di rumah masing-masing, khususnya selama Bulan Suci Ramadhan 1441 H. Universitas Muslim Indonesia (UMI) sebagai lembaga Pendidikan dan Dakwah, menyelenggarakan Pesantren Ramadhan Virtual selama Bulan Ramadhan dengan segmen siswa-siswi SLTA setiap hari Senin sampai dengan Jumat dimulai pukul 16.30 – 17.30 WITA.

Selain program tersebut, juga dihadirkan Interaktif Ramadhan Virtual membahas Seputar Islam, dengan segmen kalangan umum, setiap hari Sabtu dan Ahad dimulai jam 16.30 – 17.30 WITA, demikian disampaikan Wakil Rektor V UMI, Bidang Kerjasama dan Promosi UMI, Prof. Dr.Hattah Fattah pada Rapat Online bersama Ketua UPT. Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI, Dr. M. Ishaq Shamad, M.A dan Kepala Humas UMI Dr. Nurjannah Abna, M.Pd (Ahad, 19/4).

Dihubungi via WhatsApp, Wakil Rektor IV UMI Dr. KH. M. Zein Irwanto S.,M.A. menyatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi muslim dan muslimah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlakul karimah. Program ini sebagai media dakwah selama bulan Ramadhan dalam kondisi Pandemi Covid 19 yang akhir-akhir ini penderitanya masih bertambah dalam area sebaran yang luas. Pelaksanaan shalat jamaah, ceramah Ramadhan dan tarwih tidak dapat dilaksanakan di mesjid sebagaimana himbauan Pemerintah dalam upaya Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19.

Meskipun kita sedang menghadapi Pandemi Corona-19, selama Ramadhan, masyarakat senantiasa memperbaiki kualitas ibadah dan memperbanyak amalan serta terus-menerus meningkatkan kualitas Iman dan Ketaqwaan. Dalam ini, penting untuk memetakan segmen audiens Pesantren Ramadhan, sehingga pesannya bisa sampai. Selain itu, UMI memiliki ribuan alumni Pesantren Pencerahan Qalbu, sehingga pemateri, selain pimpinan dan mubalig UMI juga dilibatkan dosen-dosen dari Pesantren Padang Lampe UMI, ujar Dr. Zein Irwanto.

Ketua UPT PKD UMI, Dr.M.Ishaq Shamad. menyampaikan muatan materi yang akan dibahas pada Pesantren Ramadhan Virtual ini, antara lain Tauhid dan Aqidah, Ibadah dan Syariah, Adab dan Akhlaq. Juga terkait dengan Kebersihan dan Kesehatan Masyarakat, Etos Kerja dan Layanan Islami, serta Zikir dan Muhasabah.

Sementara itu, Kepala Humas UMI, Nurjannah Abna menyampaikan waktu pelaksanaan Kajian Ramadhan Virtual yang bertujuan memberikan pengetahuan keagamaan kepada masyarakat, dialog seputar permasalahan kehidupan dalam perspektif Agama Islam dengan menghadirkan narasumber yang berbeda sesuai tema yang dibahas dan dipandu oleh host, dilaksanakan setelah shalat Ashar, pukul 16.30-17.30.

Dikatakan kegiatan ini diharapkan dapat menjalin silaturrahim antara sivitas akademika UMI dengan umat, dimasa Pandemi Covid-19, tambah alumni Fakultas Sastra UMI ini.

(HUMAS)