Makassar, umi.ac.id – Majelis Ta’lim (MT) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar acara Halal bi Halal 1441 Hijriah 2020 Masehi via virtual, Rabu (3/6/2020) malam.

Acara yang dihelat melalui layanan video teleconference zoom ini adalah rangkaian menjaga silaturahim MT Ukhuwah UMI.

Acara halal bi Halal yang dihadiri langsung Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., M.Si, WR II Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE., M.Si. dan WR IV Dr. KH. Zain Irwanto, MA menghadirkan Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran UMI Dr. dr. Nasrudin AM., SpOG., MARS., M.Kes.

Dalam acara bertajuk ‘Silaturahmi dan Pencegahan Covid-19 Menuju New Normal’ ini, Rektor UMI saat membawakan sambutan, menjelaskan, Majelis Ta’lim UMI salah satu instrument penting kemajuan UMI.

“Majelis taklim adalah satu instrumen jamaah penting di UMI. Jadi kalau ingin UMI maju. Majelis Taklim harus turut ambil bagian. Saya perhatikan, program kerja selama ramadhan kemarin jalan terus, menyapa masyarakat sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama yg terkena dampak Covid- 19. Ini artinya akan memberikan dampak baik citra UMI di luar sana,” ungkap Prof. Basri Modding.

Dalam kesempatan itu, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini mengatakan, malam ini adalah momen berharga dikarenakaan diberi kesempatan bersilaturahmi kembali pasca Ramadhan. Silaturahim, kata Prof. Basri Modding, merupakan bentuk nyata dari hablu minannas.

“Malam ini adalah malam yang paling berharga di antara kita, karena judulnya saja silaturahim. Di Al Quran, setidaknya ada dua kata, jika kita ingin masuk surga adalah habluminannas dan hablu minallah, kalau ini kita jalin sesama kita saya kira kita sudah dinanti nanti surga,” tutur Prof. Basri Modding.

Sementara itu, Pembina Majelis Ta’lim Ukhuwah UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, menjelaskan hal yang sama. Menurutnya, setiap pertemuan itu substansinya adalah silaturahim, termasuk Halal bi Halal. Substansi dari halal bi halal adalah silaturahim,” papar mantan Rektor UMI ini.

Ketua Majelis Ta’lim Ukhuwah UMI Dr. Hj. Amirah Kallabe, SE.,MM. mengatakan, Majelis taklim menggelar silaturahim dalam bingkai halal bi halal virtual akan memberikan manfaat lebih besar ketimbang silaturahim langsung di tengah ancaman pandemi penyakit virus mematikan ini.

“Insya Allah pahala Silaturahim dengan cara virtual akan sama nilainya bahkan lebih besar dibanding bersilaturahmi secara langsung di tengah pandemi yang justru adalah ancaman,” tutup Amirah.

Majelis Ta’lim perguruan tinggi terkemuka berakreditasi institusi ‘A’ pertama di luar Pulau Jawa ini cukup familiar di kalangan masyarakat luas karena selama masa awal Pandemik Covid-19, Ramadhan, hingga jelang Idul Fitri, gerakan kemanusiaan mereka tidak surut.

Pembagian sembako dan berbagai macam bantuan materil lainnya bagi warga, mahasiswa, staf-karyawan UMI yang terdampak Covid-19 tidak luput dari perhatian Majlis Taklim Ukhuwah UMI. MT Ukhuwah UMI juga banyak menyalurkan APD bagi tenaga kesehatan di Makassar.

(HUMAS)