Makassar, umi.ac.id – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himikom) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar sharing session secara virtual, Sabtu (13/2/2021).

Kegiatan ini digelar dalam rangka Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa 2021 oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI).

Sharing session yang dipandu oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi FS UMI Febrianti S, Peraih Pendanaan PKM-M 2020 ini menghadirkan Reviewer Nasional PKM Belmawa Kemendikbud RI St.Hajrah Mansyur, S.Kom.,M.Cs.

Dalam materinya, St Hajrah membagi menjadi empat topik pembahasan diantaranya Penjelasan Umum PKM, PKM Lima Bidang, dan Gagasan Futuristik PKM, Karya Tulis PKM 2021.

“Jadi diantara tugas penting dari Ditjen Belmawa Kemendikbud RI adalah mendorong sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan. Untuk mencapai itu mahasiswa dan kampus ditempa transformasi pendidikan tinggi sukses menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing,” ungkap St Hajrah

“Kemudian implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka belajar, lalu kebijakan Kampus Merdeka diharapkan memberikan iklim yang baik terhadap pengembangan minat dan bakat mahasiswa,” sambung Dosen Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) UMI ini.

St Hajrah menyebutkan, Jenis PKM yang dapat diusulkan adalah PKM 5 Bidang yakni (PKM-R, PKM-PM, PKM-K, PKM-PI, PKM-KC), PKM-KT (PKM-AI dan PKM-GT), dan PKM-GFK.

“Ini bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, untuk memikirkan tata kelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian 17 Tujuan SDGs di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia,” paparnya.

Sementara itu Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Sastra UMI, Abd. Majid, S.Sos.I.,M.Si, mengapresiasi mahasiswa yang telah mencurahkan energi positifnya menginisiasi kegiatan ini, mengakrabkan mahasiswa pada event Nasional, mengupdate informasi serta pendalaman panduan PKM 2021 baik dosen yang akan menjadi pendamping maupun mahasiswa yang akan berjuang membuat proposal PKM 2021.

“Kegiatan ini juga diharapkan menyatukan potensi dan kreativitas mahasiswa prodi di lingkup Fakultas Sastra, membuat proposal didanai dan bersaing diajang PIMNAS 2021,” ungkap Majid.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMI DR.Hadawiah, SE.,M.Si menargetkan, kegiatan ini sifatnya akan berkelanjutan dan semua mahasiswa yang mengikuti kegiatan agar segera membentuk tim dan mencurahkan gagasannya yang selama ini diperoleh di bangku perkuliahan, diwujudkan dalam bentuk karya yang kreatif hingga bisa mengukir pertastasi.

Peserta kegiatan ini terlihat sangat interaktif mengikut seluruh materi yang dibawakan oleh narasumber.

(HUMAS)