UMI Makassar – Tim Hubungan Masyarakat (Humas) dan Kantor Urusan Internasional Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, melakukan studi banding kehumasan di sejumlah kampus di pulau Jawa seperti Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Isam Bandung (Unisba), pada tanggal (12-13/10/2017).

Tim Humas UMI dipimpin langsung oleh Kepala Humas UMI Dr. Hj. Nurjannah Abna, M.Pd didampingi Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Ir. Hj. Setyawati Yani, PhD dan staf Humas & KUI UMI.

Kunjungan pertama dilakukan di UMJ yang diterima langsung oleh Kepala Biro Humas UMJ Drs. Emsumisran, MSi di dampingi Kepala Kantor Urusan Internasional Endang Zakaria, S.Ag, di ruang rapat rektorat UMJ.

Kepala Humas UMI Dr. Hj. Nurjannah Abna, M.Pd mengatakan, studi banding tersebut diharapkan bisa merekatkan dua institusi perguruan tinggi islam swasta dan berbagi pengalaman dalam bidang kehumasan dan kerjasama.

“Tidak menutup kemungkinan ada terobosan dan program strategis yang bisa kami adopsi dalam upaya penguatan kehumasan dan kerjasama di UMI,” ujar Nurjannah.

Sebelumnya, Humas UMI terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Universitas Islam Bandung (Unisba). Di kampus tersebut, mereka diterima langsung oleh Kepala Bagian Humas Unisba Muhammad E Fuady dan Kepala bagian Kerjasama dan Perencanaan Jamhur, S.Ag dan beberapa staf di Gedung Rektorat Unisba.

Unisba dipilih sebagai tujuan studi banding tentang kehumasan dan kerjasama, karena antara UMI dan Unisba memiliki hubungan emosional yang kuat dan sama-sama bergabung di Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swata (BKS-PTIS) se Indonesia. Disamping itu, Unisba merupakan salah satu PTS terbaik di Jawa Barat.

“Kami menyadari bahwa humas memiliki peran penting dan strategis dalam membangun nilai-nilai positif kepada masyarakat. Humas berperan menciptakan dan memelihara citra perguruan tinggi, sehingga penerimaan dan pemahaman masyarakat terhadap perguruan tinggi sangat ditentukan oleh kerja humas. Untuk itu studi banding ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan sharing pengalaman, untuk peningkatan kualitas sumberdaya humas UMI. Kunjungan silaturahim ini dapat lebih menguatkan peran masing-masing dalam pengembangan institusi,” kata Nurjannah.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!