Bisnis Mahasiswa FIK UMI MY_BOUQUETMKS, Lolos Pendanaan KBMI Kemdikbud 2021

Makassar, umi.ac.id – Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali mencetak prestasi di tingkat nasional. Dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) Tahun 2021 melalui Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KBMI).

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UMI lolos dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Mereka adalah Nurfauziyah dan Khairunnisa Arsyad dari Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Husdawati dan Halimahtul Wildan dari Prodi Sistem Informasi, dan Dwi Aprianingsih mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mahasiswa tersebut dibimbing Dosen Fakultas Ilmu Komputer Lilis Nur Hayati, S.Kom., M.Eng., MTA dengan bisnis MY_BOUQUETMKS.

Program KBMI Menghasilkan Karya Kreatif Dan Inovatif

KBMI membantu mahasiswa yang membutuhkan stimulasi dana pengembangan usaha, menumbuhkan karakter wirausaha, menumbuhkembangkan wirausaha baru yang kreatif dan inovatif, membantu mahasiswa dalam menentukan keunikan usaha dengan menemukan celah pasar yang tepat untuk meningkatkan peluang peningkatan usaha, dan mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM ).

Pembimbing yang dipilih dalam Program KBMI ini diharapkan juga dapat menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi yang menitikberatkan mana pada orientasi ide, proses dan hasil usaha.

Meliputi sosialisasi, lokakarya, penerimaan, perencanaan, penetapan penerima bantuan KBMI, dan biaya pelaksanaan usaha.

Diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi terus berupaya mengembangkan dan memperbanyak jumlah mahasiswa wirausaha.

Program penting mahasiswa berwirausaha di perguruan tinggi telah disadari oleh pemerintah dan diwujudkan melalui Kebijakan MBKM yang mendorong pengembangan minat wirausaha mahasiswa dengan program kegiatan belajar yang sesuai.

Dalam implementasinya, perlu program dan tindakan lebih lanjut agar kebijakan tersebut dapat diimplementasikan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan PKMI Tahun 2021 dalam Program KBMI dalam Semangat Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2021.

(HUMAS)