Catat! Ini 5 Tahapan Penting Untuk Pendaftaran Mahasiswa Baru UMI

Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) telah membuka penerimaan pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 sejak beberapa bulan lalu.

Dalam pendaftaran Calon Maba tersebut, semua proses dilakukan secara online dari awal sampai akhir di tahapan pendaftaran ulang seelah dinyatakan lulus dan diterima sebaggai mahasiswa baru UMI.

Ketua Panitia PMB UMI Dr Ir Hanafi Ashad, S.T, M.T ., IPM., mengungkapkan, semua tahapan itu pada dasarnya mudah ada setiap calon mahasiswa baru memperhatikan petunjuk dari setiap tahap.

Berikut lima tahap penting dalam pendaftaran Camaba UMI tahun akademik 2021/2022 :

  • Akses Web SPMB UMI

Mengakses informasi penerimaan Mahasiswa Baru terdiri dari Daftar Program Studi, Persyaratan, Biaya Kuliah, dan lainnya. Selanjutnya, Untuk melakukan pendaftaran Mahasiswa Baru, klik tombol DAFTAR DISINI pada halaman depan spmb.umi.ac.id atau langsung mengakses admisi.umi.ac.id

  • Buat Akun admisi

Akun ADMISI adalah akun yang wajib dibuat oleh pendaftar PMB UMI pada semua jenis seleksi. Pembuatan Akun ADMISI dilakukan di awal proses pendaftaran secara daring (online) melalui situs web admisi.umi.ac.id

Pada saat melakukan pembuatan akun ADMISI, masukkan Nama Lengkap (sesuai dengan ijazah atau akta lahir) dan email valid karena system secara otomatis akan mengirimkan link aktivasi ke email (periksa inbox atau folder spam email).

Lalu, klik link aktivasi di email untuk mengaktifkan akun ADMISI. Link ini berfungsi untuk mengaktifkan akun ADMISI sehingga bisa digunakan untuk mengakses admisi.umi.ac.id

  • Login Admisi

Klik tombol Beli Formulir Pendaftaran sesuai dengan jalur pendaftaran Anda. Login menggunakan Akun ADMISI yang telah dibuat sebelumnya. Nomor Akun ADMISI dapat Anda lihat setelah login pada bagian sudut kanan atas (Account Admission).

  • Beli Formulir

Klik tombol Beli Formulir Pendaftaran sesuai dengan jalur pendaftaran Anda. Nomor Akun ADMISI dapat Anda lihat setelah login pada bagian sudut kanan atas (Account Admission). Masukkan Nama lengkap, Nomor KTP, upload foto KTP atau KK (maksimal ukuran 2 Mb). Selanjutnya klik tombol beli formulir.

Kemudian, Catat Nomor Tagihan, Nomor Virtual Account, serta nominal biaya pendaftaran untuk melakukan pembayaran dan lakukan pembayaran melalui Virtual Account. Setelah itu, silahkan akses admisi untuk melakukan Konfirmasi Pembayaran dengan mengklik tombol Konfirmasi Pembayaran dan melengkapi formulir konfirmasi pembayaran serta mengunggah bukti pembayaran.

Selanjutnya, silahkan tunggu pembayaran akan divalidasi oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru. Anda akan mendapatkan Nomor Formulir Pendaftaran setelah pembayaran anda divalidasi oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, dan dapat melanjutkan ke proses selanjutnya yakni melengkapi Formulir Pendaftaran.

  • Lengkapi Isian Formulir Pendaftaran

Siapkan berkas pindaian (scan file) diantara Foto KTP/KK atau identitas diri lainnya, Rapor semester 5 (dengan format PDF, maksimal ukuran file 2Mb), Foto IJAZAH TERAKHIR atau Surat Keterangan Lulus, dan Foto sertifikat hasil UTBK bagi yang mendaftar jalur UTBK.

(HUMAS)