Pemkab-PGRI Bantaeng Gandeng UMI Tingkatkan SDM

Makassar, umi.ac.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus melakukan upaya meningkatkan sumber daya manusia agar sejalan dengan jargon daerah sebagai Kabupaten Pendidikan.

SDM yang unggul diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya peningkatan SDM dicapai salah satunya dengan peningkatan kualitas pendidikan baik di sekolah dasar maupun di sekolah menengah, jika perlu hingga ke pendidikan tinggi.

Ini dibuktikan dengan menggandeng Universitas Muslim Indonesia (UMI). Pemkab dan Persatuan Guru Indonesia (PGRI) Bantaeng resmi menjalin kerjasama di bidang pembangunan SDM.

Kerjasama antara Pemkab Bantaeng, PGRI, dan UMI ini disepakati dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Balai Kartini di Jalan Kartini, Kota Bantaeng, Kamis (10/6/2021).

MoU ini ditandatangani langsung oleh Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin, Msi., Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E, M.Si, dan Ketua PGRI Bantaeng, Syafruddin, S.Pd., M.Si dan tiga orang saksi dari masing-masing lembaga terkait.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengakui, selama memimpin Bantang terhitung dua tahun berjalan bersama wakilnya, salah satu pekerjaan paling berat adalah meningkatkan SDM sebagai kelanjutan memajukan Bantaeng yang telah berkembang di sektor infrastruktur ekonomi.

“Infrastrur fisik sangat memadai menjadi sebuah landasan melakukan aktivitas keberlanjutan yang bisa senantiasa mensejahterakan masyarakat Bantaeng. Pertumbuhan indeks kesejahteraan di Bantaeng ini mencapai dua digit yakni 10.57. Ke empat terbaik nasional, dan terbaik di Sulsel,” kata Ilham Azikin.

“Tapi di sisi lain punya pekejaan berat. Bagaimana infrastruktur yang sudah baik untuk bisa dijaga dan dimafaatkan di Kabupaten Bantaeng, tidak ada jalan lain adalah pembangunan SDM tersebut,” sambung Ilham Azikin.

SDM Yang Unggul Diyakini Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sementara itu, Rektor UMI Prof Basri Modding mengaku berkomitmen mendukung dan berintegarsi dengan Pemkab Bantaeng dan PGRI untuk memajukan SDM di daerah bergelar Butta Toa tersebut.

Kemajuan Bantaeng, kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI ini sangat terlihat secara kasat mata. Bahkan ia mengibaratkan dengan kemajuan Singapura, salah satu negara terkemuka di Asia Tenggara meski masih berumur jagung.

“Kemajuan daerah itu terbangun lewat adanya integrasi organisasi Pemda dan seluruh pihak dan unsur yang ada di Bantaeng. Kami yakin Bantaeng bisa maju seperti Singapura. Kenapa Singapura maju karena SDM nya maju, nah itu yang akan kita sama-sama upayakan untuk jadikan Bantaeng seperti Singapura,” tuturnya.

Ketua PGRI Banteng, Syafruddin mengatakan, dirinya sangat yakin akan kemajuan Bantaeng kedepannya berkat kontribusi secara langsung dari UMI.

“Saya meyakini salah satunya melalui IKA UMI, Bantaeng akan maju. Saya tahu betul komitmen dan kemampuan IKA UMI untuk melakukan pengawalan pembangunan SDM di suatu daerah,” bebernya.

Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh jajaran Forkopimda Bantaeng, pimpinan UMI, dan pengurus teras PGRI Kabupaten Bantaeng, pimpinan ormas dan perbankan di Kab. Bantaeng.

(HUMAS)