Pendampingan Teknis Hasil Penelitian, LP2S UMI Gelar Workshop Pengajuan Hak Cipta bagi Dosen

Makassar, umi.ac.id – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar workshop Sosialisasi dan Pengajuan Hak Cipta Dosen Tetap UMI, Senin (7/6/2021).

Workshop diikuti sebanyak 60 orang dosen UMI dari semua fakultas.

Ketua LP2S UMI Dr. Ir. H. Abdul Rauf, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, tujuan workshop ini untuk mendampingi secara teknis hasil penelitian dosen UMI yang akan diajukan untuk penerbitan hak cipta. “Juga untuk meningkatkan kinerja kekayaan intelektual dosen UMI khususnya untuk pengakuan hak cipta,” katanya.

Abdul Rauf menyebutkan, berdasarkan laporan kinerja pusat HKI LP2S UMI per 6 Juni 2021 terdapat 83 sertifikat hak cipta oriented, 9 paten oriented, 5 status terdaftar, dan 2 merek terdaftar.

“Khusus untuk internasional, alhamdulillah pada jumat lalu LP2S UMI mengadakan pertemuan dengan Universitas Kebangsaan Malaysia dalam rangka kerja sama riset, semoga dari kerja sama ini bisa menghasilkan kekayaan intelektual dari riset penelitian yang dilakukan,” harapnya.

Workshop Sosialisasi dan Pengajuan Hak Cipta Dosen Tetap UMI

Kepada para peserta ia berpesan, workshop ini supaya dimanfaatkan untuk memahami dan mengetahui teknik pengajuan dan penerbitan bukti kekayaan intelektual khususnya hak cipta. “Jadi diharapkan hasil penelitiannya tidak hanya dalam lingkup nasional bahkan internasional,” tutupnya.

Senada dengan Ketua LP2S, Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E., M.Si., yang diwakili Wakil Rektor II UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah, S.E., M.Si., mengatakan, dosen perlu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. “Karena ini menjadi satu kebutuhan sehingga dosen bisa menjalankan penelitian dengan baik,” katanya.

Prof. Salim menambahkan, dosen-dosen UMI pun akan bisa berkreasi dalam melakukan penelitian dengan menyesuaikan perkembangan saat ini. Di masing-masing fakultas dosen UMI diberi fasilitas untuk mengembangkan penelitian, “Maka supaya dimanfaatkan yang baik terlebih untuk kepentingan dosen,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Prof. Salim sekaligus membuka workshop yang diselenggarakan LP2S UMI. “Dengan membaca bismillahirrohmanirrohim saya buka workshop Sosialisasi dan Pengajuan Hak Cipta Dosen Tetap UMI. Semoga kegiatan workshop ini bisa berjalan sesuai yang kita harapkan,” tutup Prof. Salim Basalamah.

(HUMAS)