Pesan Penting Direktur Pesantren Padanglampe UMI di Penutupan Pencerahan Qalbu

Makassar, umi.ac.id – Penutupan Pencerahan Qalbu Virtual bagi mahasiswa gelombang ke dua yang diselenggarakan Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe berlangsung melalui Zoom Meeting, Minggu (6/6/2021).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 710 peserta ini didominasi dari dua fakultas yakni Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Farmasi (FF) Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Pencerahan qalbu yang telah bernilai 6 Satuan Kredit Semester (SKS) kali ini berlangsung selama dua puluh hari.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pesantren Unggulan Darul Mukhlisin UMI Padanglampe Dr. KH Akhmad Basith, Lc, MA tampil mewakili Direktur Am Pesantren Unggulan Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, Dr. KH Zain Irwanto, MA untuk menutup kegiatan tersebut secara formal.

Dalam sambutannya, lulusan pendidikan perguruan tinggi Islam Timur Tengah itu menyampaikan sejumlah hal. Pertama adalah berpesan kepada seluruh mahasiswa agar senantiasa menjaga kebiasaan berzikir seperti yang telah didapatkan selama pencerahan Qalbu.

Sholat Merupakan Sebaik-Baiknya Zikir dan Kemudian Membaca Al Quran

“Berzikir yang pertama itu dengan sholat. Sholat merupakan sebaik-baiknya zikir dan kemudian membaca Al Quran. Ingat jangan pernah seharipun mulut kita tidak membaca Al Quran meskipun hanya beberapa ayat. Selanjutnya anak-anakku sering melantunkan kalimat suci seperti takbir, tahmid, tahlil, sholawat, dan lain-lain” tegasnya.

Lebih jauh, dijelaskan Akhmad Basith, manusia juga harus terus menjaga hubungan baik dengan Allah SWT yang disebut dengan Hablu Minallah yakni senantiasa mengingat Allah.

“Juga yang tidak boleh dilupa adalah hablu minannas yakni hubungan sesama manusia. Terlebih kepada orang tua kita. Bakti kita kepada mereka sangat dibutuhkan,” bebernya.

Para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesan. Putri, mewakili mahasiswa Fakultas Farmasi menyampaikan terima kasih kepada ayah dan bunda dosen atas ilmu yang didapatkan selama mengikuti program pencerahan qalbu.

“Saya mewakili teman teman Fakultas farmasi dan peserta Pencerahan Qalbu mengucapkan terima kasih kepada Ayah dan Bunda yang telah mengajari kami semua ilmu yang sangat bermanfaat untuk bekal kami di dunia dan diakhirat. Semoga kami dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari,” ungkap Putri

“ Mari kita senantiasa mendoakan ayah bunda Dosen semoga tetap dijaga kesehatannya oleh Allah SWT dan kami juga memohon maap jika dalam interaksi selama belajar ada yang tidak berkenan di hati ayah dan bunda semua, sambungnya.

Selain jajaran pejabat pesantren, di kegiatan ini juga tampak hadir Kepala Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) Dr. H. Ishak Shamad, MA, dan Kepala Humas UMI Dr. Hj, Nurjannah Abna, S.S, M.Pd.

(HUMAS)