Rektor UMI : Komunikasi dan Kejujuran Jadi Syarat Utama Kebutuhan Industri

Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar pencerahan qalbu secara virtual melalui aplikasi video conference Zoom, Kamis (4/2/2021).

Kegiatan yang diikuti kurang lebih delapan ratus mahasiswa dari sejumlah fakultas ini diorganisir oleh Pesantren Unggulan Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI Padanglampe kerjasama UPT PKD UMI.

Setelah membuka acara pencerahan qalbu Angkatan IV Mahasiswa UMI Tahun 2021 melalui aplikasi zoom ini, Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E, M.Si menekankan sejumlah hal penting, khususnya penekanan agar para mahasiswa menyiapkan diri setelah menjadi alumni sekaligus pencari kerja di masa depan.

Prof Basri Moddingmembeberkan, sejumlah riset di beberapa Negara maju terkait kebutuhan tenaga kerja di industri sangat mempertimbangkan dua hal yakni Kemampuan Komunikasi dan Integritas (kejujuran).

“Ada sejumlah penelitian yang menyebutkan jika kebutuhan tenaga kerja atau syarat kerja di sejumlah industri besar itu yang menjadi syarat utamannya adalah Kemampuan Komunikasi dan Kejujuran,” papar Prof Basri Modding.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini menyebutkan, dua hal itu cenderung lebih diutamakan, terlebih soal integritas atau kejujuran.

“Jadi ananda sekalian harus menyiapkan diri membangun kemampuan komunikasi dan pastinya dengan integritas yang tinggi sebagai kebutuhan karakter kinerja. Ini makin kompleks di fase revolusi industri 4.0,” tuturnya.

Kata Prof Basri Modding, UMI telah menyiapkan mahasiswannya agar lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dengan pengembangan karater moral ( kesalehan spritual) dan karakter kinerja (kesalehan sosial) merupakan wujud dari akhlakul karimah sebagai inti dari program pencerahan qalbu sebagai program unggulan UMI.

(HUMAS)