Soal Prodi Bergengsi, UMI Punya Banyak pilihan

Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) telah memiliki infrastruktur baik akademik maupun non akademik untuk menunjang kebutuhan pebelajaran bagi mahasiswa.

Perguruan tinggi yang tengah ancang-ancang menuju akreditasi berbasis Instrumen Suplemen Konversi (ISK) dan World Class University berbasis orientasi Outcome Based Education (OBE) ini merupakan pilihan tepat untuk melanjutkan studi ke tingkat pendidikan tinggi.

Untuk memilih perguruan tinggi yang tepat, calon mahasiswa baru diwajibkan mempertimbangkan sejumlah faktor, salah satunya adalah pilihan prodi yang ditawarkan haruslah banyak dan bergengsi atau terakreditasi.

Lalu seberapa bergengsi prodi di UMI?

Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H Hanafi Ashad, S.T, MT, IPM menyebutkan bahwa hingga tahun 2021, UMI membina 58 program studi yang terdistribusi di 13 Fakultas, ABA, dan Program Pascasarjana.

“43 program studi untuk program Sarjana, termasuk di dalamnya 6 program profesi. Sedangkan Pascasarjana, UMI membina 15 prodi yang diantaranya 11 untuk magister dan 4 untuk doktor,” ungkap Dr Hanafi saat ditemui di Menara UMI lt. 9.(18/2)

Dari pilihan prodi yang terbilang sangat banyak itu, mantan Dekan Fakultas Teknik UMI itu menambahkan bahwa sejumlah prodi akan didorong untuk memperoleh pengakuan dunia international yaitu melalui lembaga akreditasi international. Hal ini telah diawali dengan melakukan workhsop kurikulum berbasis Outcome Base Education (OBE).

“Tercatat sampai saat ini, seluruh program studi telah terakreditasi yakni sebanyak 21 prodi terakreditasi A, 36 terakreditadi B dan 1 terakreditasi C karena prodi yang baru terbuka dua tahun terakhir,”paparnya.

Dari rincian jumlah pilihan program studi di atas, dapat diklaim bahwa UMI adalah perguruan tinggi yang sangat bergengsi untuk urusan tawaran pilihan jurusan demi melanjutkan studi di pendidikan tinggi.

(HUMAS)