Tiga Dosen UMI Terpilih Menjadi Asessor Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional Kemenristek/BRIN

Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali mencatat prestasi dengan lolosnya tiga dosen menjadi Asessor Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Tiga dosen tersebut di antaranya Dr. Hardianto Djanggih, S.H., M.H. (Kepakaran Bidang Ilmu Hukum), Dr. Aan Aswari (Kepakaran Manajemen Jurnal), dan Muslim, S.E., M.Ak. (Kepakaran Manajemen). Hal ini sebagaimana surat yang diterima UMI No. B/335/E5.2/KI.02.00/2021 oleh Kemenristek/BRIN tentang Penyamaan Persepsi Calon Asessor Akreditasi Junal Ilmiah Nasional.

Hasil ini dicapai setelah melalui proses seleksi oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan. Adapun tugas utamanya melakukan asesmen akreditasi maupun re-akreditasi jurnal di bawah Kemenristek/BRIN.

Tiga dosen UMI yang terpilih menjadi Asesor Akreditasi Jurnal akan bertugas selama dua tahun, yaitu untuk masa penugasan tahun 2021-2023.

Khusus aspek substansi, akan menilai cukup banyak aspek sesuai pedoman akreditasi berkala Ilmiah Kemristek/BRIN, di antaranya kepioniran/orisinalitas karya ilmiah, makna sumbangannya terhadap kemajuan sains, primeritas dan updating referensi serta pemanfaatan instrumen pendukung serta kedalaman analisis dan sintesis.

Sementara itu, untuk assesor manajemen akan melakukan assessmen terhadap submission system secara online dengan berbagai kriteria, termasuk kualitas indeksasi. Penilaian indikator ini yang akan dikombinasi dalam menentukan apakah suatu jurnal dapat terakreditasi nasional atau dapat meningkat level akreditasinya.

Diketahui, jumlah jurnal nasional terakreditasi sampai dengan 30 Desember 2020 sudah mencapai 5.996 jurnal. Masih banyak usulan akreditasi yang memerlukan penilaian. Dengan terus meningkatnya jumlah jurnal yang mengajukan akreditasi akan memiliki potensi baik untuk dibina menjadi akreditasi nasional maupun internasional.

(HUMAS)