Makassar, umi.ac.id – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui Dosen Fakultas Pertanian UMI yang diketuai oleh Dr. Ir. Ida Rosada, M.Si. dan Anggota Dr. Ir. Saida, M.Si.

Kegiatan ini bentuk implementasi dari program tri dharma perguruan tinggi dengan melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertema “Penerapan Teknologi Budidaya Cabe Rawit Organik Dan Olahannya Pada Kelompok Tani Mattirowalie di Kelurahan Cempaniga Kec. Camba Kab. Maros, Kota Makassar, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Ida Rosada yang merupakan Ketua PkM tersebut mengungkapkan bahwa Penyuluhan dan pelatihan yang disampaikan yaitu teknologi budidaya cabe organik dan pengolahan cabe rawit menjadi abon cabe, saus cabe, dll serta pembuatan pupuk organik bokasi dan kompos dari limbah pertanian.

Cabe merupakan komoditas strategis yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat namun dilain pihak harga dan produksi cabe sering berfluktuasi akibat musim, karena itu salah satu solusinya melakukan pengolahan agar komoditas cabe memiliki nilai tambah, urainya.

Dalam kesempatan yang sama, Saida selaku Anggota menambahkan bahwa Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dihadiri oleh 30 orang petani Mattirowalie di Kelurahan Cempaniga Kec. Camba Kab. Maros.

(HUMAS)