UMI Makassar – Kajian Hadis Kitab Muslim tentang iman dan thaharah oleh Dr.H.M.Thahir Bandu, M.A berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (3/11). Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah pimpinan fakultas, dosen, karyawan dan mahasiswa UMI.

Ustadz Tahir Bandu menyatakan iman merupakan keyakinan yang kuat untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, termasuk melangkahkan kaki ke masjid shalat jamaah, merupakan dorongan dari iman yang kuat, jelasnya. Selain itu, dalam Kitab Imam Muslim r.a juga menekankan tentang thahara atau kebersihan, termasuk bersuci atau berwudhu.

Dikatakannya, wajib bagi umat Islam untuk berwudhu jika ingin melaksanakan shalat, sebagaimana Hadis Nabi: “Tidak akan diterima shalat tanpa wudhu, kecuali ia melaksanakan tayammum”. Nabi menegaskan tanpa wudhu/tayammum, maka shalat tidak akan diterima. Selanjutnya Nabi bersabda, tidak akan diterima sedekah dari harta hasil curian, termasuk korupsi.

Ahli Hadis dari Saudi Arabia ini menyatakan nanti di Hari Kiamat, akan ditanya tentang ilmu yang dimiliki, demikian pula harta yang diperoleh, dari mana sumbernya, apakah halal atau haram. Jika harta yang diperoleh dengan curang, maka harta itu, haram dan tidak memperoleh pahala. Kemudian harus dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT. Untuk itu, semoga kita memperoleh rejeki yang halal, Amien.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!