Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk edukasi dan pelatihan pembuatan brownies kangkung hasil inovasi pangan local kaya gizi sebagai alternative makanan sehat di pondok pesantren faqihul ilmi Makassar, 22 oktober 2019.

Dua dosen FKM UMI tersebut adalah DR. dr. H. Muh. Khidri Alwi dan Dr. Yusriani, SKM.,M.Kes. Kegiatan ini untuk bertujuan agar santri dan santriwati, petugas kantin, serta guru mengetahui dan memahami mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan gemar makan sayur khususnya sayur kangkung, seperti yang disampaikan Dr. Yusriani saat ditemui hari ini, Jumat (15/11).

Ia memaparkan Brownies kangkung ini merupakan sebuah inovasi baru yang unik dan langka. Selain itu bahan dasar pembuatannya mudah didapatkan, dan menghasilkan produk yang memilki kandungan gizi yang baik, juga memliki nilai jual.

Kangkung adalah jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan dan harganya pun terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, sayuran ini sangat mudah penanamannya sehingga dapat dengan mudah dicari di pasar-pasar dan pedagang sayur.

Kandungan zat gizi kangkung tidak kalah dengan sayuran lain, seperti pada manfaat daun singkong atau pun manfaat daun pepaya. Sejumlah zat penting seperti vitamin A. C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. Hal ini menjadi pertimbangan untuk pemberian sayur kangkung sebagai menu asupan makanan sehari-hari, tutur Dr. Yus.

Kegiatan ini diiktui sekitar 20 orang santri dan santriwati Pondok Pesantren Faqihul Ilmi khususnya Madrasah Aliyah.

Pemberian edukasi dan pelatihan tentang cara menyusun dan membuat Brownies Kangkung hasil inovasi pangan lokal kaya gizi sebagai alternatif makanan sehat, dan pembagian Buku Saku tentang Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang. Hal ini Diberikan oleh Dr. yusriani, sehingga diharapkan mitra dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta gemar makan sayur khususnya sayur kangkung.

Adapun Peningkatan pengetahuan dan ketarampilan santri santriwati tentang mengenali dan memilih makanan jajanan yang sehat dan kaya gizi diberikan oleh DR. dr. H. Muh. Khidri Alwi.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Faqihul Ilmi yaitu Muh. Yunus, S.Ag, M.Ag dan Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah yaitu Hj. Erna Damayanty, S.Pd, M.Pd sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian dosen tersebut.

“Semoga kegiatan seperti ini hadir memberi warna bagi santri dan santriwati kami disini”, papar Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah ini.

(HUMAS)