UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar International Conference on Halal Issues and Policies, Kamis (28/11) di Auditorium Al Jibra UMI. Konferensi ini terlaksana atas kerjasama UMI dan LPPOM MUI Pusat.

Konferensi tersebut menghadirkan keynote speaker dari Malaysia yakni Prof Mohd Fuad Salleh, Lc, Ph.D. Dalam pidatonya, dosen Universiti Selangor Malaysia tersebut berbicara mengenai Halal Assurance System Requirements and Documentation in Cosmetics Industri.

“Sertifikat halal untuk produk kosmetik di Malaysia  merujuk pada proses produksi produk mulai dari material hingga transportasi yang harus memenuhi syarat halal dan semua produsen wajib mematuhi semua aturan sebelum mendapatkan sertifikat,” ujarnya.

Dikatakan pula bahwa untuk mendapatkan sertifikat halal, dilakukan dengan sangat ketat, mengingat setiap tahunnya ada sekitar 60 ribu pemohon sertifikat halal. Khusus produk kosmetik, pada tahun 1995penjualannya mencapai 1,4 juta RM dan terus meningkat hingga tahun 2013 mencapai 2,5 juta RM.

Pada konferensi tersebut juga menghadirkan beberapa pembicara seperti Prof Dr Russly Abdul Rahman (Universiti Putra Malaysia), Irawadi Jamaran, Prof dr Veni Hadju, Ph.D (Unhas),  Nanung Danar Dono, Ph.D (UGM), Prof Dr Ir Meta Mahendrata dan 12 pembicara lainnya.

Ketua panitia Prof. Dr. Muin Fahmal SH MH menyatakan bahwa informasi kebijakan mengenai sejumlah isu-isu halal diperlukan. Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang hal-hal halal dan masalah kehalalan telah menunjukkan adanya antusias bangsa Indonesia dalam membahas isu halal dan terbukti dalam target peserta semula hanya 200 orang tapi ternyata mencapai 300 orang.

“Jadi dalam kegiatan ini, kami mendatangkan beberapa pakar yang ahli dalam hukum, syariah, ekonomi, manajemen, science, serta kebijakan pemerintah terkait halal isu,” ungkapnya.

Rektor UMI Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar,MA sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap terlaksananya Internasional Conference on Halal Issues and Policies agar kita selalu mengingat akan isu-isu halal yang dibahas dalam kegiatan ini.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!