Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengundur jadwal pelaksanaan ujian masuk yang dimulai dari Tes Kemampuan Dasar calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. Hanafi Ashad, S.T, M.T saat ditemui di ruang kerjanya Lantai 9 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Selasa (9/7/2020).

Sebelumnya, panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UMI telah menjadwalkan akan menggelar ujian tes kemampuan dasar bagi camaba pada 13 Juli 2020 mendatang (kecuali bagi camaba yang dinyatakan bebas test).

Dr Hanafi Ashad menyebutkan, pihaknya akan menggelar tes nantinya pada 16 Juli 2020 mendatang alias diundur 3 hari kemudian dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya.

“Iya, terjadi penundaan yang semula tanggal 13 Juli, kita undur ke tanggal 16 Juli 2020,” ungkap mantan Dekan Fakultas Teknik UMI ini.

Hal ini dilakukan, kata Hanafi Ashad, dikarenakan penyesuaian dengan jadwal pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) berdasarkan rilis resmi dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bahwa jadwal UTBK tahap pertama berlangsung tanggal 5 hingga 14 Juli 2020.

Dengan demikian, disebutkan Hanafi Ashad, sudah dipastikan bertepatan dengan jadwal tes kemampuan dasar masuk bagi camaba UMI.

“Itu pertimbangannya karena LTMPT dari siaran persnya ternyata pelaksanaan UTBK mulai tanggal 5-14 Juli tahap pertama. Kemudian tahap kedua tanggal 20-29 Juli. Sehingga pelaksanaan tes UTBK di tahap pertama tanggal 5 – 14 bersamaan jadwal tes calon mahasiswa baru di UMI ,” papar Dr Hanafi.

Tidak ingin menemui jadwal yang bertabrakan, Dr Hanafi menyebutkan, pihak UMI memilih mengalah dengan reschedule tes penerimaan mabanya.

“Oleh karena itu. UMI mengalah, mengundurkan jadwal tes calon mahasiswa baru yaitu antara tanggal setelah tanggal 14 dan sebelum tanggal 20 juli. Hasil rapat pimpinan disepakati tanggal 16,” sebut Dr. Hanafi.

Perubahan jadwal SPMB di UMI ini juga akan disesuaikan dengan jadwal pasca tes, khususnya tes di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi UMI, serta Farmasi.

“Jadi tes Maba Fakultas Kedokteran mulai tanggal 16. Tanggal 16 Juli 2020 dilaksanakan tes kemampuan dasar setelah itu ada tes-tes lain lagi. Ada MMPI, Tes Potensi Akademik, tes kesehatan, dan psikotes,” imbuhnya.

“Nah jenis-jenis tes selain dari setelah tes kemampuan dasar tadi itu juga akan menyesuaikan dengan jadwal tes UTBK. ,” ujar alumni Fakultas Teknik UMI ini.

Sekedar informasi, jelang penutupan pendaftaran Camaba UMI pada 12 Juli mendatang, Pendaftaran Camaba UMI sudah menghampiri target kuota yang disiapkan.

Insya Allah bentuk ujian tes masuk secara online. Ayo daftar cepat kuota bebas tes masih terbuka lebar (perhatikan persyaratannya).

Bagi adek- adek yang tidak bisa mengakt online kami juga menyiapkan pendaftaran offline, tentu dengan protokoler kesehatan.

(HUMAS)