Juni 25, 2015 667 Views

Kajian Al-Qur’an dan Bimbingan Tajwid

Kajian Al-Qur’an dan Bimbingan Tajwid berlangsung di ruang Traning Centre Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI (25/6). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, sekaligus membuka kajian al-Qur’an tersebut secara resmi. Hadir pula Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah Wakil Dekan IV UMI, staf LPDKI dan sejumlah pengurus UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), seperti LDK/LDM, Ashabul Kahfi, FMB, FOSA, dan Tahfizh UMI.
tajwid (1)
KH.M.Zein Irwanto, M.A dalam sambutannya menyatakan kandungan Al-Qur’an sungguh luar biasa, salah satu kandungan al-Qur’an  tentang air, disebutkan dalam lautan ada sungai-sungai karena air laut mengandung air tawar. Dikatakan pula jika manusia hebat, silahkan lintasi langit. Kemudian para ahli mengembangkan sebuah kekuatan, yakni kekuatan atom dan nuklir, sehingga para ahli di Barat sudah bisa sampai di bulan. Sementara umat Islam masih ngintip bulan dalam penentuan awal bulan Islam melalui penetuan hilal dan hisab.
Wakil Rektor IV UMI Bidang Dakwah dan Kampus Islami ini merespon bagus kegiatan kajian ini. Menurutnya hal ini menjadi motivasi yang kuat untuk lebih mencintai Al-Qur’an. Karena itu perlu dikembangkan tilawah al-Qur’an berkaitan alam, agar mampu melahirkan saintifik alam. Demikian pula perlunya mempolakan masyarakat sebagai umatan wahidah. Disamping itu, agar lembaga kajian Islam dapat mengkaji al-Qur’an secara kontinyu. Apalagi UMI telah mencanangkan program untuk mahasiswa UMI wajib menghafal juz 30, harapnya. Dikatakan pula orang yang hafal al-Qur’an jika meninggal, akan dicabut nyawanya dengan sambil baca Al-Qur’an, seperti disebutkan dalam Q.S. Al-Waqiah, termasuk golongan ashabul yamin yang akan mendapatkan salam dari Allah SWT. Namun jika mendustakan al-Qur’an, maka wajahnya akan disiram dari api neraka.
tajwid (3)
“Al-Qur’an sangat kaya dengan informasi-informasi untuk kemajuan manusia dan pentunjuk bagi keselamatan manusia, urainya.Sudah banyak buku tafsir, antara lain al-Misbah, Jalalalin, dst. Untuk itu diharapkan dapat mengembangkan kajian tafsir al-Qur’an secara mandiri dan kelompok demi kemajuan Islam,” jelasnya.
Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini berlangsung sehari dengan tujuan untuk lebih memahami kandungan Al-Qur’an berkaitan dengan ayat-ayat zikir dan ayat dakwah. Selain itu, dalam rangka syiar Islam bulan Ramadhan dan rangkaian peringatan Milad UMI ke 61. Peserta adalah mahasiswa utusan dari Unit Kegiatan Mahasiswa dalam lingkup UMI dengan matari; “Kajian Al-Qur’an tentang Zikir” oleh KH.M.Zein Irwanto, M.A, “Kajian Al-Qur’an tentang Dakwah”oleh Dr.M.Ishaq Shamad, M.A dan “Bimbingan Tajwid dan Tahsinul Qiraah oleh Dr.Agus Salim dan Drs.H.Mursyidin, M.A.
(Humas UMI)
Previous Foto: Milad UMI ke 61 (23 Juni 2015)
Next Kultum: Puasa Sebagai Pengendalian Diri

You might also like

Kisah Inspiratif ‘Merubah Nasib’

UMI Makassar – Kultum Kisah Inspiratif “Merubah Nasib” berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (7/12) oleh Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A. Hadir sejumlah dosen, karyawan dan mahasiswa UMI. Ustaz

Mahasiswa FTI UMI Diajak Dakwah di Media Sosial

UMI Makassar – Pelatihan Da’i/Da’iah Mahasiswa (i) Fak.Teknologi Industri (FTI) UMI berlangsung di Aula Ir.H.Liorang Lologau, MT (19/4). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, Dekan FTI UMI

Mahasiswa Binaan UMI Diskusikan Etika Khatib dan Teknik Khutbah

UMI Makassar – Penyegaran Khatib, Da’i, Protokol dan Muballaghah Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI berlangsung di ruang pelatihan LPDKI UMI (5/8), dibuka Ketua LPDKI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A sekaligus