UMI Makassar – Kultum Kajian Tafsir berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (3/12) oleh H.Mujahid Abd.Jabbar, Lc, M.A. Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A beserta sejumlah dosen dan mahasiswa UMI.

Ustaz Mujahid dalam pemaparannya mengemukakan jika anda membaca Al-Qur’an hendaknya berlindung kepada Allah SWT, dengan mengucapkan auzhu billahi minasysyaiythaanirrajim (aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Demikian pula mengucapkan bismillahirrahmanirrahim (dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang).

“Di dalam Hadis dikatakan semua urusan yang tidak dimulai dengan ucapan bismillahirrahmaanirrahim, maka kurang sempurna,” ungkapnya.

Selanjutnya dikatakan, kata billah berbeda dengan bismillah. Jika kata billah berarti sebagai sumpah namun bismillah mengandung berkah. Untuk itu, jika kita membaca bismillah, maka akan ada berkah dari Allah SWT. Walaupun banyak orang sering minta berkah kepada sesama manusia. Ustaz Mujahid melarang orang untuk minta berkah kepada selain Allah, misalnya minta berkah ke kuburan tokoh tertentu. Ini tentu tidak benar dan bisa menyesatkan dan memunculkan kemusyrikan.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!