UMI Makassar – Kajian Tafsir berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (19/11) oleh H.Mujahid Abd.Jabbar, Lc. M.A. Hadir Ketua LPDKI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A dan segenap pimpinan fakultas, dosen, karyawan dan mahasiswa UMI.

Ustaz Mujahid menyatakan kata alhamdu menurut Tafsir Ibn Katsir menunjukkan hal yang sempurna. Karena itu, hanya Allah yang patut dipuji secara mutlak. Selain itu, kata alhamd sebagai pujian lebih umum dari bersyukur atau berterima kasih. Orang bersyukur karena ada yang diterima. Demikain pula dengan memuji seseorang bukan untuk menerima sesuatu darinya, berbeda dengan terima kasih menunjukkan ada yang diterima.

“Memuji dan bersyukur merupakan satu makna, yakni mengandung pujian. Al-Qurthubi mengatakan kalau memuji kepada yang dipuji karena ada kebaikannya. Namun pujian kepada Allah dengan mengucapkan alhamdulillahi rabbil alamiyn merupakan pujian kepada Allah tanpa mengharapkan balasan dari-Nya,” urainya.

Demikian pula rabbil alamiyn menunjukkan Allah memelihara alam semesta. Allah mengurus, memelihara dan mendidik semuanya, termasuk mendidik manusia. Kata Rabb hanya khusus kepada Tuhan, berbeda dengan kata sayyidiy, artinya tuanku. Kata Rabb juga berbarti Yang ditaati, yang berbuat baik. Sedangkan al-aalamiyn mengandung seluruh jenis makhluk yang ada di alam. Ibnu Jauziy menyatakan alam diartikan nama untuk makhluk selain khaliq yang ada di alam. Rabbul alamyn menunjukkan Tuhannya manusia, jin, malaikat, syaitan dan seluruh makhluk.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!