Kajian Variasi Genetik Ikan Beseng-Beseng (Telmatherina ladigesi) Dari Sulawesi Selatan Dengan Metode Random Amplified Polymorphism DNA (RAPD)

Abstrak: Ikan beseng-beseng atau ikan rainbow Sulawesi (Telmatherina ladigesi) merupakan ikan hias asli air tawar di Sulawesi Selatan, termasuk ikan endemik dan mempunyai nilai ekonomis penting di Indonesia. Memiliki tingkat eksploitasi yang tinggi menyebabkan ikan ini sudah termasuk dalam kategori terancam punah dalam sejak IUCN 1996. Menurunnya populasi T.ladigesi akan menyebabkan variasi genetik akan berubah pada masa selanjutnya yang mengarah terjadinya silang dalam. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu dilakukan usaha pengelolaan yang bertanggung jawab seperti restoking, domestikasi, dan pembenihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi genetik populasi ikan beseng-beseng di Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel dilakukan di Kabupaten Maros (Sungai Bantimurung dan S. Abalu), Bone (S. Sawae), Soppeng (S. Asanae) dan Pangkep (S. Gowa Lorong dan S. Jennae). Metode analisis variasi genetik menggunakan Random Amplified Polymorphism DNA (RAPD). Hasil penelitian yaitu panjang gen ikan beseng-beseng adalah 600 bp. Panjang fragmen mt-DNA primer F berkisar 581 sampai 593 bp, sedangkan primer R berkisar 582 bp sampai 589 bp. Hasil similaritas sekuan gen ikan Telmatherina ladigesi lebih dekat dengan Marosatherima ladigesi yaitu 99%. Hubungan kekerabatan genetik populasi ikan besengbeseng di Sulawesi selatan sangat rendah.

Kata Kunci: metode RAPD, Telmatherina ladigesi, variasi genetic

Penulis: Jayadi, Andi Tamsil, St Hadijah

Artikel ini telah dipublikasikan pada Prosiding Seminar Nasional Mikrobiologi Kesehatan dan Lingkungan. Makassar, 29 Januari 2015.

Artikel ini juga telah direview oleh reviewer internal Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Berikut hasil review dari reviewer internal:

Previous Alur Pendaftaran Wisuda
Next Penyakit Ektoparasit pada Ikan Endemik Pelangi Sulawesi (Marosatherina Ladigesi) yang di Domestikasi

You might also like

The Effectiveness of Counseling and Posters in Improving Maternal Nutrition Knowledge and Nutritional Status of Children Aged 24-35 Months in District Buloa Tallo Makassar

Penulis: Andi Nurlinda, Andi Zainal, Awaluddin Artikel ini telah dipublikasikan pada International Proceedings of Chemical, Biological and Enviromental Engineering ‘Nutrition and FOod Sciences IV) di Bangkok, Thailand, 25-26 Juni 2015.

Optimalisasi Sumber Daya Pesisir dan Laut melalui Pembangunan Perikanan

Disampaikan pada wisuda Sekolah Tinggi Pertanian Labuha, Senin, 30 Desember 2013. Oleh Dr. Ir. H. Andi Tamsil, MS

Manajemen Sumberdaya Manusia

Manajemen Sumberdaya Manusia: Dalam Tinjuan Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Kinerja Penulis : Hamzah Hafied Penerbit : Kretakupa Print, Makassar, 2016   Buku ini telah direview oleh reviewer internal