UMI Makassar – Pelatihan Da’i/Da’iah bagi Karyawan UMI berlangsung di Aula Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A (6/12). Hadir Wakil Rektor IV UMI Bidang Dakwah dan Kampus Islami KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A dan 40 Karyawan UMI.

Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, M.A menyatakan pertanyaan yang mungkin ada bagi peserta adalah apa hubungannya karyawan UMI dengan da’i. Mengapa karyawan harus pelatihan da’i? WR4 UMI ini menjawab sendiri dengan mengemukakan jawabannya ada di dalam statuta UMI bahwa UMI adalah lembaga pendidikan dan dakwah.

“Dakwah itu sangat luas, melayani orang dengan benar dan menasehati mahasiswa, itu semua adalah dakwah. Dikatakan UMI ini ibarat pesawat, roda depan lembaga pendidikan, dan roda belakang adalah lembaga dakwah. Selain itu, pilotnya Ketua YW UMI dan co pilotnya Rektor UMI, dosen dan karyawan adalah pramugarinya. Pesawat tersebut diarahkan menuju visi dan misi UMI, yakni berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berkahlaqul kariymah,” jelasnya.

Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A menyatakan para peserta adalah karyawan UMI utusan dari fakultas dan unit dalam lingkup UMI. Tujuannya untuk memberikan bekal keterampilan berdakwah bagi karyawan UMI, agar dapat mewujudkan visi dan misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah, jelasnya. Semua peserta diberi materi tentang teknik-teknik berdakwah praktis, menyusun materi ceramah/khutbah, metode dakwah al-Qur’an, disertai games, kuiz dan simulasi.

(Humas UMI)