UMI Makassar – UMI kembali mengukir tinta emas dengan menjadi tuan rumah pertemuan internasional The 32nd Federation International Medical Association (FIMA) Conference and The 8th Mukisi National Meeting yang akan diadakan pada tanggal 11-16 Agustus 2015 mendatang.

fima (2)

Ketua Yayasan Wakf UMI H Mokhtar Noer Jaya memberikan apresiasi penuh kepada panitia event ini dan berharap agar event ini dapat berjalan lancar dan sukses. Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA dalam sambutannya juga mengharapkan agar panitia bekerja dengan ikhlas terkait acara ini adalah event berskala internasional dan akan mendatangkan beberapa negara.

Dikatakan pula bahwa tahun ini UMI banyak menerima undangan untuk melakukan kerjasama baik itu dalam dan luar negeri. “Mensos RI juga sudah mengundang UMI sebagai salah satu peserta dalam pengabdian untuk desa mandiri, dan hanya ada 3 universitas swasta se Indonesia, dan UMI salah satunya. Yang diundang hanya 14 universitas se Indonesia,” ungkapnya.

fima (1)

Sekretaris panitia Dr.dr Nasruddin menyatakan, konferensi ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Dewan FIMA ke 31 yang diselennggarakan di Tanzania. Disepakati bahwa Pertemuan Tahunan tahun 2015 akan diselenggarakan di Makassar. Untuk itu Universitas Muslim Indonesia Fakultas Kedokteran (FK UMI) bersama-sama dengan fakultas lain kedokteran dan kesehatan serta rumah sakit Islam di Makassar dipercayakan menjadi tuan tumah untuk event ini. Kongres MUKISI ke 7 adalah hasil Kongres di Jakarta, yang menetapkan MUKISI Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah kongres ke-8 pada tahun 2015.

Pertemuan FIMA dan MUKISI mencakup pertemuan organisasi dan pertemuan ilmiah. Pertemuan organisasi FIMA termasuk Rapat Komite Eksekutif, Dewan Rapat, CIMCO-Foki Pertemuan dan IHC-MUKISI Meeting.

“Pertemuan ilmiah meliputi kegiatan ilmiah di bidang kedokteran, manajemen rumah sakit, pendidikan kedokteran dan profesional kesehatan lainnya serta asuransi kesehatan,” ungkap  dr. Nasruddin yang juga wakil Dekan 1 bidang kedokteran FK UMI.

Tema pertemuan ilmiah ini adalah tentang Gaya Hidup Sehat dan Penyakit, Manajemen Rumah Sakit dan Asuransi Kesehatan. Pemilihan tema ini didasarkan pada isu-isu yang berkembang di masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional. Selain kegiatan pertemuan yang disebutkan di atas, akan ada kunjungan ke beberapa Rumah Sakit Islam dan Fakultas Kedokteran Islam di Makassar, pameran (expo) dan wisata.

(Humas UMI)