UMI Makassar – Kepala Humas Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Hj. Nurjannah Abna, SS., M.Pd resmi bergelar doktor setelah mengikuti ujian promosi doktor di bidang ilmu agama Islam Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Islam (UIN) Alauddin Makassar di Gedung PPs UIN Alauddin, Rabu (30/10).

Nurjannah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Problematik Penerapan Nazariyah Al-Furu dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Muslim Indonesia.

Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Dr A Qadir Gassing HT MS menjadi Ketua Sidang Rektor pada ujian promosi doktor ini.

Nurjannah mengatakan, penerapan nazariyah al-furu sebagai teori bahasa Arab digunakan pada Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Agama Islam UMI.

“Penerapan teori ini telah berlangsung lama sejak berdirinya UMIi dan dianggap efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab,” ujarnya.

Pembelajaran bahasa Arab dengan teori ini dianggap lebih terarah, memiliki silabi dan buku sendiri sehingga pengetahuan peserta didik lebih mendalam dan terarah terhadap suatu pokok persoalan.

Penerapannya dalam pembelajaran bahasa Arab di UMI dengan pembagian materi secara bercabang. Hal in bertujuan agar peserta didik lebih fokus dan terarah dalam menerima materi.

“Bukan berarti pemisahan antar mata pelajaran tanpa ada kaitan antar yang satu dengan yang lainnya melaikan sebaliknya pendidikan diituntut kreativiitas untuk menunjukkan keterkaiitan bahasa Arab sebagai sistem yang dapat dibagi atas cabang,”  tambahnya.

Ujian promosi doktor ini dihadiri Ketua YW UMI Mokhtar Noerjaya, Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar MA, Ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco, Rektor UIM Dr Majdah M Zain, pengurus Muslimat NU Sulsel, dan beberapa undangan lainnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!