Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. memberi motivasi kepada mahasiswa baru Universitas Muslim Indonesia pada kegiatan Pesantren Kilat di Aula Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin Padanglampe, Rabu (4/9).

Prof. Jasruddin meyakinkan kepada mahasiswa baru bahwa UMI merupakan perguruan tinggi Unggul dan terbaik di Indonesia Timur.

“Anda harus bersyukur dapat kuliah di UMI yang merupakan perguruan tinggi terbaik di kawasan timur Indonesia dengan Akreditasi Unggul. Anda telah bersaing dengan 10.000 pendaftar untuk masuk UMI, sedangkan hanya 6.000 yang diterima, sehingga adalah orang-orang beruntung”, ungkapnya.

Lanjutnya, anda yang telah terpilih diterima di UMI dan kini menjadi mahasiswa baru harus memahami fenomena Revolusi Industri 4.0 dan bersiap untuk menciptakan lapangan kerja.

“Pada tahun 2025, era digital berpotensi memberikan 2,1 juta lapangan kerja baru. Dan sekarang, hingga tahun 2025, antara 1,5 milyar orang harus mencari pekerjaan baru, karena pekerjaannya digantikan mesin. Oleh karena itu, ciptakan lapangan kerja. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain”, ujar Prof. Jasruddin.

Prof. Jasruddin mengingatkan kepada mahasiswa untuk merencanakan masa depan dan mempersiapkan karakter agar mampu bersaing di era revolusi industri.

“Anda harus mulai merencanakan masa depan. Karena kesuksesan itu bukan suatu kebetulan, tetapi kesuksesan itu harus direncanakan sejak anda mulai memutuskan melanjutkan studi di UMI. Kedepannya juga beberapa pekerjaan manusia akan diambil alih mesin. Tetapi mesin tidak punya jiwa maupun karakter. Maka, manusia dengan jiwa dan karakter yang baik akan sangat dibutuhkan. Utamanya, akhlaqul karimah”, ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah IX, Drs. Andi Lukman, M.Si., Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMI, Prof. Dr. Laode Husen, S.H., M.H. dan dimoderatori oleh Kepala Humas UMI, Dr. Nurjannah Abna.

(HUMAS)