Kajian pemetaan kerjasama International perguruan tinggi di Indonesia dilaksanakan oleh DIKTI di Kampus 1 UMI Jl.Kakatua No.27 Makassar (2/11). Drs.Sumantri bersama dua orang timnya berkunjung ke kampus 1 UMI yang diterima oleh Wakil Rektor IV UMI Prof.Dr.H.Abdul Makhsud, DEA bersama Kepala Urusan International dan Humas UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA.

Tim Dikti menanyakan tentang upaya UMI menjadi Perguruan Tinggi bertaraf Internasional. Wakil Rektor IV UMI Prof.Dr.H.Abdul Makhsud, DEA menyatakan UMI kebijakan pimpinan UMI untuk mendukung arah pencapaian World Class University melalui peningkatan kerjasama, perbaikan dan peningkatan sarana prasarana, peningkatan kegiatan penelitian-pengembangan, peningkatan kemampuan profesionalitas SDM serta peningkatan kinerja dosen dan staf UMI. Dikatakan pula UMI telah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Luar Negeri dengan program, antara lain: Program S.3, publikasi bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, e-library, studi lanjut, training/short course, pengembangan information technology (IT) dan sebagainya.

Adapun perguruan tinggi luar negeri yang telah diajak bekerjasama antara lain: Universitas Tun Abdurrazak, Universitas Kebangsaan Malaysia, Asia University, Universitas Teknologi Malaysia, dan Universitas Taiwan. Selain itu beberapa dosen UMI yang telah dikirim ke Perguruan Tinggi di luar negeri mengikuti kursus singkat maupun studi antara lain di University of Sydney, Universitas New South Wales dan Universitas of The Sunshine Coast di Australia, serta Universitas Al-Azhar Cairo Mesir.

Kepala Urusan Internasional dan Humas UMI, Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA menambahkan untuk mencapai World Class University, selain program yang telah disebutkan di atas, pimpinan UMI juga mendorong peningkatan kapasitas website, e-leraning, dan e-jurnal. Selain itu, studi lanjut S.3 bagi dosen UMI senantiasa digalakkan, bahkan pimpinan fakultas di lingkungan UMI sudah mengirim beberapa mahasiswanya magang dan Kuliah Kerja Nyata di Luar Negeri.(*).

(Humas UMI)

error: Content is protected !!