wr4

English Meeting Club UMI kali cukup istimewa karena dihadiri Mahasiswa Program Doktor dari CURTIN University Perth Australia. Hal ini disampaikan Wakil Rektor IV UMI Prof.Dr.H.Abdul Makhsud DEA di sela-sela acara Meeting di ruang Rapat Rektor Kampus 2 UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 Makassar (20/12). Hadir Wakil Rektor V UMI Dr.H.M.Arfah Siddiq,MA, Prof.Dr.H.A.Muin Fahmal,SH,MH, DR.H.M.Ishaq Samad,MA, Dra.Salmiah Syarifuddin, MS dan sejumlah dosen UMI lainnya.

Presentasi oleh Ir.Syamsuddin Yani,Doctor Candidate dan DR.Setiawaty Yani membahas peluang study di Luar Negeri. Dikatakan kesempatan kuliah di luar negeri saat ini terbuka lebar, terutama karena DIKTI saja menyiapkan beasiswa sampai 500 orang setiap tahun, sementara kandidat yang mendaftar hanya sekitar 300 orang, belum lagi beasiswa dari donor agency yang lain, seperti AusAID, US AID, dsb. Menurutnya untuk mendapatkan beasiswa tidak ribet, hanya kontak dengan Supervisor dari Perguruan Tinggi di Luar Negeri, setelah mendapatkan Letter of Offer dari universitas bersangkutan, kemudian mendaftar di DIKTI secara online, tunggu paling lambat dua bulan sudah ada pengumuman. Ketika ditanyakan bagaimana calon mahasiswa mendapatkan kontak Supervisor? Dijawab melalui website university yg bersangkutan, dapat ditemukan alamat email supervisor pada setiap program studi yang ditawarkan.

Selain itu, menurut Syamsuddin Yani kegiatan EMC UMI ini sangat positif dan perlu terus didukung oleh pimpinan UMI jika UMI ingin mewujudkan UMI menuju World Class University. Bahkan jika perlu UMI bekerjasama dengan pihak tertentu, misalnya IALF (Indonesia Australia Language Foudation) untuk mempersiapkan Bahasa Inggeris  mahasiswa atau dosen UMI yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, seperti yang telah dilakukan beberapa perguruan tinggi di Jawa. Dicontohkannya Universitas Brawijaya mengirim 85 dosennya ke Perth Australia atas beasiswa DIKTI, tetapi mereka sebelumnya kursus persiapan di Bali selama 3 bulan. Model seperti ini bisa juga dilakukan oleh UMI, usulnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!